ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.33197/bes.vol5.iss1.2025.2690Kata Kunci:
Media Sosial Tiktok, Electronic Word of Mouth, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial Tiktok, dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Fashion Mayoutfit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Survei dilakukan terhadap 80 responden mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Data yang teerkumpul dianalisis menggunakan uji koefisien determinasi dan dilanjutkan dengan analisis regresi linier berganda menggunakan uji-t dan uji-f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Media Sosial Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Fashion Mayoutfit, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Fashion Mayoufit, dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Media Sosial Tiktok dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Fashion Mayoutfit. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa penggunaan Media Sosial Tiktok dan Electronic Word of Mouth dapat menjadi media promosi yang menarik dan efektif untuk meningkatkan penjualan.
Unduhan
Referensi
Andriana, N. A., Cen Lu, & Kuswoyo, C. (2024). Efektivitas Pemasaran Media Sosial Tiktok Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Di Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan X). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 989–1002. https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.55389
Arfah, Yenni. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.
Arif, M. A., & Hidayah, R. T. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Social Media Marketing Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1–15. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3295
Aulia, E., Tantya, D., & Rosyadi, I. (2024). the Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Website Quality, and Consumer Confidence on Purchasing Decisions (Study on Shopee E-Commerce Users in Surakarta). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 7(2), 2074–2091.
Bagus, I., Prasetya, Y., & Sigit, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan EWOM terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Pelanggan : Studi pada J . Co Donut & Coffee di Yogyakarta. 02(05), 207–219.
Barus, N., Pangaribuan, M., & Purnama, S. (2021). Pengaruh Promosi Menggunanakan Media Sosial TikTok terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms. Glow pada Mahasiswa di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2, 616–626.
Benedicta, F., & Paramita, A. C. (2022). Fashion sebagai Identitas Masyarakat Urban pada Konten Youtube Yoshiolo Fashion as Urban Community Identity on Yoshiolo Youtube Content Pada era modernisasi saat ini perkembangan fashion dan identitas kelas Dalam adalah media online YouTube . Media memili. Jurnal Communio: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 220–240.
Bill, C. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 212, 9 juta di awal 2023. Wahyunanda Kusuma Pertiwi. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/13/19300087/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-212-9-juta-di-awal-2023
Naveen Donthu a, Satish Kumar b d, Neeraj Pandey c, Nitesh Pandey b, Akanksha Mishra. (2021). Mapping the electronic word-of-mouth (eWOM) research: A systematic review and bibliometric analysis. Journal of Business Research, Volume 135, Pages 758-773.
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204
Haekal, M. E., Suhаryоnо, & Yuliyаntо, E. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Produk Fashion Followers Аkun Instagram Erigostore). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 40(2), 162–168.
Haryanto, A. A. F., Komariah, K., & Danial, R. D. M. (2022). Social Media and Viral Marketing Analysis of Purchase Decisions Through Tiktok Applications. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 9(2), 33. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v9i2.2252
Indrawati, Prily Calista Putri Yones, Saravanan Muthaiyah. (2023). eWOM via the TikTok application and its influence on the purchase intention of somethinc products. Asia Pacific Management Review, Volume 28, Issue 2, 174-184, https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2022.07.007
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34