ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH BELANJA DI TOKO MODERN INDOMARET STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.33197/bes.vol5.iss1.2025.2615Kata Kunci:
Analisis Perilaku Konsumen Budaya Sosial Pribadi Psikologis Keputusan PembelianAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Memilih Belanja Di Toko Modern Indomaret di Balikpapan. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Universitas Balikpapan dengan responden yang tidak diketahui. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data penelitian dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung. Teknik analisi data yang digunakan untuk meneliti adalah analisis linier berganda dengan melakukan uji instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis secara parsial (uji-t). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa budaya, sosial, pribadi dan psikologis mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian baik secara parsial ataupun simultan.
Unduhan
Referensi
Hendra Wijaya (Student of Global Business Marketing) Sejarah INDOMARET. (2021).
Bisnis Ritel Indomaret. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=DETERMINASI+NILAI+PELANGGAN+DAN+KEPUTUSAN+PEMBELIAN%3A+ANALISIS+KUALITAS+PRODUK%2C+DESAIN+PRODUK+DAN+ENDORSE&btnG=
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan ((1st ed.)). Unitomo Press.
Intan, T. (2021). Budaya Konsumen dan Remaja Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Satu Hari Berani Karya Sitta Karina. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 23–30. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/40395
Pahlevi Reza. (2021). Indomaret, Ritel dengan Nilai Konsumen Tertinggi di Indonesia pada 2021.
Rizky, S. A., Waluyo, H. D., & Prabawani, B. (2021). Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 879–889.
Schiffman, L. , & Kanuk, L. (2015). Consumer Behavior Eight Edition: International Edition ((8th Editi)). Pearson Prentice Hall.
Sujani, S. (2017). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Belanja Di Indomaret. Majalah Ekonomi, 22(2), 191–205. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENGARUH+PERILAKU+KONSUMEN+TERHADAP+KEPUTUSAN+BELANJA+DI+INDOMARET+Sujani+Fakultas+Ekonomi+dan+Bisnis+Universitas+Wijaya+Putra+sujani%40uwp.ac.id&btnG=