PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PENERAPAN PAJAK KARBON DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.33197/bes.vol5.iss1.2025.2603Kata Kunci:
persepsi, mahasiswa, pajak karbonAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa akuntansi terhadap penerapan pajak karbon di Indonesia berdasarkan jenis kelamin dan angkatannya. Penelitian dilakukan secara deskriptif. Sampel diambil secara pursposive dari mahasiswa akuntansi di Universitas Widyatama Bandung. Karena kondisi mahasiswa di semua Universitas hamper sama yaitu bahwa persepsi mahasiswa akuntansi terhadap permasalahan di bidang pajak secara tidak langsung dapat mempengaruhi keinginan mahasiswa untuk berkarir di bidang tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa akuntansi terhadap penerapan pajak karbon di Indonesia berdasarkan jenis kelamin tidak bervariasi. Persepsi mahasiswa akuntansi berdasarkan Angkatan juga tidak bervariasi. Tetapi persepsi mahasiswa akuntansi terhadap penerapan pajak karbon di Indonesia ditentukan oleh factor jenis kelamin dan Angkatan.
Unduhan
Referensi
Abdul, R., & Rachmat, H. (2019). Pajak, Mekanisme Bonus dan Transfer Pricing.
Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 7(1), 21–30.
Aini, N., & Goenawan, Y. A. (2022). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pajak terhadap Pilihan Berkarir Dibidang Perpajakan (Studi Empiris STIE Putra Perdana Indonesia Tangerang). JOURNAL INTELEKTUAL, 1, 118–131.
Amanda, C., & Hadi, D. A. (2023). The Influence of Knowledge, Taxpayer Awareness, and Tax Sanctions on Tax Compliance. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 3(1), 451–459.
Aprilianto, R. A., & Ariefianto, R. M. (2021). Peluang dan Tantangan Menuju Net Zero Emission (NZE) Menggunakan Variable Renewable Energy (VRE) pada Sistem Ketenagalistrikan di Indonesia. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 2(2), 1–13.
Barus, E. B., & Wijaya, S. (2022). Pajak Karbon: Belajar Dari Swedia Dan Finlandia.
Bunn, D., & Elke, A. (2019). International Tax Competitiveness Index | Tax Foundation.
Cahyani, R. R. (2023). Persepsi Mahasiswa tentang Media Pembelajaran Google Classroom pada Motivasi Belajar Mata Kuliah Kimia Organik.
CFI Team. (2015). Pigouvian Tax - Overview, How it Works, Advantages. CFI Education Inc.
Christine, D., Yadiati, W., Afiah, N. N., & Fitrijanti, T. (2019). The relationship of environmental management accounting, environmental strategy and managerial commitment with environmental performance and economic performance. International Journal of Energy Economics and Policy, 9(5), 458–464.
Dihni, V. A. (2022, November 1). Emisi Karbon dari Kebakaran Hutan Indonesia Capai 41,4 Juta Ton pada 2021. Databoks.
Duan, Y., Han, Z., Zhang, H., & Wang, H. (2021). Research on the applicability and impact of CO2 emission reduction policies on China’s steel industry. International Journal of Climate Change Strategies and Management, 13(3), 352–374.
E Janrosl, V. S. (2017). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Tentang Pajak dan Brevet Pajak terhadap Minat Berprofesi di Bidang Perpajakan. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 10(2), 17–24.
Edison, A. (2019). Metodologi Penelitian (2nd ed.).
Fauzi, F., Dencik, A. B., & Asiati, D. I. (2019). Metodologi penelitian untuk manajemen dan akuntansi.