Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Layanan WhatsApp Sapa Karawang Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dii KPP Pratama Karawang

Penulis

  • Nathisa Mardhatillah Widyatama University

DOI:

https://doi.org/10.33197/bes.vol4.iss2.2024.2354

Kata Kunci:

Kepatuhan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Layanan WhatsApp Sapa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak dan layanan WhatsApp Sapa Karawang terhadap kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expalanatory. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, serta menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak dan layanan WhatsApp Sapa Karawang berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Karawang. Besarnya kualitas pelayanan pajak dan layanan WhatsApp Sapa Karawang dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Karawang sebesar 39,9%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfiansyah, F. (2021). Mengenal Komponen Sistem Informasi Manajemen. In Jurnal Sistem Informasi Manajemen No (Vol. 1, Issue 1). Mei 2021 Sistem Informasi.

Andari, D., & Purnamasari, D. (2021). The Impact of Information For Taxcut Also Expense Assents Once Taxpaying Consistence With Assessment Questions (Case Study at the Cicadas Tax Office). In Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (Vol. 12, Issue 8).

Cahyaningrum, A. (2021). Pengaruh Penerapan E-Registration, E-Filling, dan E-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pelaksanaan Pembayaran Pajak Orang Pribadi Yang Menjalankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Coffee Shop di Kabupaten Sleman.

Darmansyah, Priatna, A., & Krismoniga. (2023). Dirgamaya Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Analisis Kepuasan Wajib Pajak Pengguna Layanan Whatsapp Sapa Karawang Di KPP Pratama Karawang Menggunakan End User Computing Satisfaction.

Ernawatiningsih, N. P. L., & Sudiartana, I. M. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap KepatuhanWajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan PajakPratama Denpasar Timur. JURNAL AKUNTANSI PROFESI, 14 Nomor 3, 482–491. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Fitri, S., & Shaleh, K. (2022). Dampak Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan. Journal Management, Business, and Accounting, 21(3), 274–285.

Hilabi, S. S., & Priati. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Media Sosial Whatsapp Mobile Online. Buana Ilmu, 3(1), 119–136.

Ischabita, N., Hardiwinoto, & Nurcahyono. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Penagihan Pajak, Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak. Jurnal Akuntansi, Perpajakan, Dan Portofolio, 02, 01–13.

Mahendra, I. P. A. J., & Budiartha, I. K. (2020). Pengaruh Penerapan E-Filling Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1183. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i05.p09

Mariana, C., & Mulyati, Y. (2019). The Influence of Tax Collection by Warning Letter and Distress Warrant on Tax Revenues: Case Study of the Purwakarta Tax Office in 2013-2017. In An International Journal (Vol. 11, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/356811537

Purnamasari, D., Sari, D., & Mulyati, Y. (2024). Pengaruh Kualitas pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Riset & Jurnal Akuntansi, 8(1), 934–943. https://doi.org/10.33395/owner.v8i1.1876

Puspanita, I., Machfuzhoh, A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 2, 71–78.

Putri, N. A. (2022). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan, Kualitas pelayanan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pelaku Pekerjaan Bebas.

Riadita, F. A., & Saryadi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Selatan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 105–113.

Riyadin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Simplex, 2 (1), 41–50.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi (Andi, Ed.).

Syahrial, I. (2022). Pengaruh Penerapan e-SPT, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Kemayoran. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing, 9(2), 70–84. https://doi.org/10.55963/jraa.v9i2.471

Yusuf, E. R. (2018). Pengaruh Layanan Pajak Online terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi (Studi Empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Samarinda) The Effectof Online Tax Services on Personal Taxpayer Compliance (Empirical Study in Samarinda TaxOffice).

Diterbitkan

2024-11-19

Cara Mengutip

Nathisa Mardhatillah. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Layanan WhatsApp Sapa Karawang Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dii KPP Pratama Karawang. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 4(2), 54–66. https://doi.org/10.33197/bes.vol4.iss2.2024.2354