PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LAYANAN WHATSAPP SAPA KARAWANG TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Authors

  • Nathisa Mardhatillah Widyatama University

DOI:

https://doi.org/10.33197/bes.vol4.iss2.2024.2354

Keywords:

Kepatuhan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Layanan WhatsApp Sapa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan dan layanan WhatsApp Sapa Karawang terhadap kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Karawang. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah Kualitas pelayanan dan layanan WhatsApp Sapa Karawang sebagai variabel independen, sedangkan kepatuhan Wajib Pajak sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode expalanatory untuk menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Karawang yang berjumlah 109.086 Wajib Pajak. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling, serta menggunakan rumus slovin. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang Wajib Pajak Orang Pribadi yang di KPP Pratama Karawang. Metode analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 10%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS for windows versi 29. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan, menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan dan layanan WhatsApp Sapa Karawang berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Karawang. Besarnya Kualitas pelayanan dan layanan WhatsApp Sapa Karawang dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Karawang sebesar 39,9%. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dan pemanfaatan layanan digital seperti WhatsApp Sapa Karawang dapat mendorong peningkatan kepatuhan Wajib Pajak secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiansyah, F. (2021). Mengenal Komponen Sistem Informasi Manajemen. In Jurnal Sistem Informasi Manajemen No (Vol. 1, Issue 1). Mei 2021 Sistem Informasi.

Andari, D., & Purnamasari, D. (2021). The Impact of Information For Taxcut Also Expense Assents Once Taxpaying Consistence With Assessment Questions (Case Study at the Cicadas Tax Office). In Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (Vol. 12, Issue 8).

Cahyaningrum, A. (2021). Pengaruh Penerapan E-Registration, E-Filling, dan E-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pelaksanaan Pembayaran Pajak Orang Pribadi Yang Menjalankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Coffee Shop di Kabupaten Sleman.

Darmansyah, Priatna, A., & Krismoniga. (2023). Dirgamaya Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Analisis Kepuasan Wajib Pajak Pengguna Layanan Whatsapp Sapa Karawang Di KPP Pratama Karawang Menggunakan End User Computing Satisfaction.

Ernawatiningsih, N. P. L., & Sudiartana, I. M. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap KepatuhanWajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan PajakPratama Denpasar Timur. JURNAL AKUNTANSI PROFESI, 14 Nomor 3, 482–491. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Fitri, S., & Shaleh, K. (2022). Dampak Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan. Journal Management, Business, and Accounting, 21(3), 274–285.

Hilabi, S. S., & Priati. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Media Sosial Whatsapp Mobile Online. Buana Ilmu, 3(1), 119–136.

Ischabita, N., Hardiwinoto, & Nurcahyono. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Penagihan Pajak, Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak. Jurnal Akuntansi, Perpajakan, Dan Portofolio, 02, 01–13.

Mahendra, I. P. A. J., & Budiartha, I. K. (2020). Pengaruh Penerapan E-Filling Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1183. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i05.p09

Mariana, C., & Mulyati, Y. (2019). The Influence of Tax Collection by Warning Letter and Distress Warrant on Tax Revenues: Case Study of the Purwakarta Tax Office in 2013-2017. In An International Journal (Vol. 11, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/356811537

Purnamasari, D., Sari, D., & Mulyati, Y. (2024). Pengaruh Kualitas pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Riset & Jurnal Akuntansi, 8(1), 934–943. https://doi.org/10.33395/owner.v8i1.1876

Puspanita, I., Machfuzhoh, A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 2, 71–78.

Putri, N. A. (2022). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan, Kualitas pelayanan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pelaku Pekerjaan Bebas.

Riadita, F. A., & Saryadi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Selatan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 105–113.

Riyadin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Simplex, 2 (1), 41–50.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi (Andi, Ed.).

Syahrial, I. (2022). Pengaruh Penerapan e-SPT, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Kemayoran. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing, 9(2), 70–84. https://doi.org/10.55963/jraa.v9i2.471

Yusuf, E. R. (2018). Pengaruh Layanan Pajak Online terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi (Studi Empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Samarinda) The Effectof Online Tax Services on Personal Taxpayer Compliance (Empirical Study in Samarinda TaxOffice).

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Nathisa Mardhatillah. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LAYANAN WHATSAPP SAPA KARAWANG TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 4(2), 54–66. https://doi.org/10.33197/bes.vol4.iss2.2024.2354