PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG TERGOLONG INDEKS LQ 45

Authors

  • Tetty Lasniroha Sarumpaet Universitas Widyatama
  • Claudia Santi Puspitasari

Keywords:

kinerja keunagan, Return on assets, Return on Equity, Earning per share, Price earning ratio, Harga saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham perusahaan yang tergolong ke dalam indeks LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan. Kinerja keuangan yang dimaksud di sini adalah kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan variabel Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER), sedamgkan variabel dependen adalah harga saham penutupan pada akhir tahun.

Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 21 perusahaan yang tergolong ke dalam indeks LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013 yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik, kemudian dilanjutkan dengan penghitungan koefisien determinasi dan pengujian hipotesis (uji F dan uji t) yang diolah dengan SPSS.

Dari model regresi berganda yang digunakan dalam penelitian ini, hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa hanya dua variabel yaitu EPS dan PER yang berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham, sedangkan ROA dan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dan secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa ROA, ROE, EPS, dan PER secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham. EPS merupakan variabel yang paling dominan terhadap harga saham.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Buku, Referensi Skripsi, Jurnal, Artikel, dan Situs terkait :

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Bandung : Alfabeta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2004. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Cetakan keempat. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Hatta, Atika J. dan Bambang Dwiyanto. 2012. The Company Fundamental Factors and Systematic Risk in Increasing Stock Price. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, Accreditation No. 110/DIKTI/Kep/2009 Volume 15, No. 2, August 2012 : 245-256.

Jogiyanto, H.M. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta : BPFE.

Martalena dan Maya Malinda. 2011. Pengantar Pasar Modal. Yogyakarta : ANDI.

Prastowo, Dwi dan Rifka Juliaty. 2002. Analisis Laporan Keuangan : Konsep dan Aplikasi. Cetakan Kedua (Revisi). Yogyakarta : AMP YKPN.

Sugiyarso G dan F. Winarni. 2005. Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Media Pressindo.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Bandung : Alfabeta.

Tyastari, Tifani Titah Dwi. 2013. Pengaruh Kinerja Akuntansi dan Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Vol 2, No 1: Semester Ganjil 2013/2014.

Zuliarni, Sri. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Mining and Mining Service di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 3, No. 1, Oktober 2012, hlm. 36-48.

Daftar Situs

http://www.merdeka.com/uang/2013-jadi-tahun-kelabu-bagi-ihsg-kaleidoskop-2013.html

www.idx.co.id

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Tetty Lasniroha Sarumpaet, & Claudia Santi Puspitasari. (2023). PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG TERGOLONG INDEKS LQ 45 . Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 2(1), 239–253. Retrieved from https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1543