PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MANDRAGUNA

Authors

  • Upi Zulkifli Universitas Widyatama
  • Nugraha Saefudin

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Pertanian Indonesia mendapatkan nilai positif di dunia, pertumbuhan ekonomi indonesia setiap tahunnya bergerak lebih baik, membuat sektor pertanian di Indonesia menarik bagi dunia internasional, beras dan jagung mempunyai peranan penting bagi kestabilan perekonomian, ketahanan pangan dan stabilitas nasional. Pada saat ini, produksi beras dan jagung masih didominasi oleh konsumsi rumah tangga. Terlihat bahwa konsumsi beras rumah tangga pada tahun 2019 adalah sebesar 20 juta tontahun. konsumsi jagung pada tahun 2019 sebanyak 12,88 juta ton pertahun. Pada konteks di atas fenomena kebutuhan petani yang terus meningkat menghadirkan peluang penjualan PT. MANDRAGUNA pada bidang pupuk organik cair, Sampel yang dilakukan dengan menggunakan rumus slovin, Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner disebarkan kepada para konsumen sebanyak 100 orang. Metode statistic menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis secara parsial atau uji t dan simultan atau uji F. Dari Tabel uji t diketahui nilai signifikan untuk X1 yakni 0,000 kurang dari 0,05 0,000 0,05 dengan beta bernilai positif 0,232. Dengan kata lain X1 berpengaruh positif pada Y. Dari Tabel Hasil uji t diatas dapat diketahui nilai signifikan untuk X2 yakni 0,000 kurang dari 0,05 0,000 0,05 dengan beta bernilai positif 0,400. Dengan kata lain X2 berpengaruh positif pada Y. Variabel X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhadap Variabel Y. Saran bagi perusahaan PT. MANDRAGUNA PUSAKA INDONESIA sebaiknya tingkatkan lagi kualitasnya agar hasil panen lebih meningkat serta masalah harga untuk dikurangi lagi, sebab penjualan harga padi pada panen raya terkadang harganya turun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajrina, R. T., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon (studi pada konsumen lipstik revlon di kota semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 302–309. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28091

Amalia Fatimatuzahra, & Evi Selvi. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Petani Padi Pupuk Bersubsidi PT.Kujang- Studi Kasus Pada (kios-kios) di Wilayah Karawang Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 24–34.

https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7983247

ama.org. (n.d.). Marketing Definitions Archives. AMA American Marketing Association. Retrieved June 22, 2023, from

https://www.ama.org/topics/marketing-definition

Amelia, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(3), 1–4.

Angreni, T., & Lupie, D. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Pakaian Dalam Pria PT. Colorindo Internusa di Carrefour Tangcity Mall. Eco Buss, 3(2), 73–80.

https://doi.org/https://doi.org/10.32877/eb.v3i2.177

Badan Pusat Statistik. (2023, March). Badan Pusat Statistik.

https://www.bps.go.id/indicator/6/1171/1/persentase-tenaga-kerja-informal- sektor-pertanian.html

BPS. (2020). Statistik Indonesia Tahun 2020. Jakarta.

BPS. (2022). Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Padi Menurut Provinsi Tahun 2022. Jakarta.

Darya, I., & Wulansari, D. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk di Amway Balikpapan. Jurnal Akuntansi Manajemen Madani, 1(1).

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17–32.

https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.75

Fahrezzy, R. S., Ferlina, A., & Trenggana, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Laptop Asus. Jurnal Inaba, 17(2), 174–183.

Fandi Tjiptono. (2020). Strategi Pemasaran?: Prinsip & Penerapan. Andi Offset.

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah

Sumatera Utara. The National Conferences Management and Business (NCMAB), 689–705. http://hdl.handle.net/11617/9995

Firdayanti, Y., & Oktafani, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone 12 Di Kota Bandung. RELASI Jurnal Ekonomi, 19(1), 1–11.

https://doi.org/https://doi.org/10.31967/relasi.v19i1.650

Firmansyah, M. A. (2018). Buku Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (1st ed.). Deepublish.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran, Dasar dan Konsep. Qiara Media. Foster, B., & Johansyah, D. (2019). The Effect of Product Quality and Price on

Buying Interest with Risk as Intervening Variables (Study on Lazada.com

Site Users). International Journal of Innovation, Creativity and Change., 9(12). www.ijicc.net

Gloria, F., Jhony, I., Tampi, R. E., Taroreh, H., Ilmu, J., Program, A., & Bisnis, S.

A. (2018a). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86. https://doi.org/https://doi.org/10.35797/jab.v6.i002.%25p

Harman Malau. (2018). Manajemen Pemasaran (Cetakan ke 2). Alfabeta.

Husni Muharram Ritonga, Miftah El Fikri, Nurafrina Siregar, Roro Rian Agustin, & Rahmat Hidayat. (2019). Manajemen Pemasaran Konsep & Strategi.

Mahaji.

Imam Dutawaskita, N., Erlangga, H., Hastono, H., & Sunarsi, D. (2022).

Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Lautan Surga di Jakarta.

Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 80–92.

https://doi.org/https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.107

Imaningsih, E. S., & Rohman, S. (2018). The Model Of Product Quality, Promotion, Price And Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi, 23(02), 260–

https://doi.org/https://doi.org/10.24912/je.v23i2.373

Ismayana, S., & Hayati, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Pixy (Studi Pada Konsumen Produk Lipstik Pixy Toserba Borma Cipadung). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi , 10(2), 1–15.

Jamarnis, S., & Susanti, F. (2019). Pegaruh harga dan periklanan melalui internet terhadap keputusan pembelian produk sabun merek lux pada mahasiswa Stie “Kbp” Padang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Kapirossi, B., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 66. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929

Kasanti, N., & Wijaya, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(1), 44–51. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/12470

Kotler, P. Armstrong, G (2018). Principle of Marketing Global Edition 17th (17th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Kevin Lane, K. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.

Kumala, F. O. N., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt.Hasanah Mulia Investama.

Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 26–40.

https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p26-39

Maulidya, E., Zahra, S., & Suhamah, A. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian kayu pada CV. Harapan Jaya III Kasemen Kota Serang. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 1(1), 598–608.

https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1

Mawarnie, D., & Marsya Fahira, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Toserba Borma Cikutra. Fair Value?: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan , 5(4), 2022.

https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2622

Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal EMBA, 9(3), 1077–1086.

https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35296

Ministry of Investment. (2019, March 27). Investment Indonesia Institution.

Investindonesia. https://investindonesia.go.id/id/artikel- investasi/detail/sektor-pertanian-indonesia-di-mata-dunia

Muhammad Fajar Laksana. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran.

Khalifah Mediatama.

Nugraha Pramana, B., & Soebiantoro, U. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Es Krim Wall’s di Sidoarjo Kota. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 986–996. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.2152

Open Data Jabar. (2022, December). Produksi Jagung Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Jawa Barat.

Peni Candraningtyas, Wahyu Sunyoto Jati, Fadhullah, Iwan Fathi Fauzan, & Naning Tri Suhesti. (2019). Konsumsi Bahan Pokok (Direktorat Statistik Keuangan, Ed.). Badan Pusat Statistik.

Prof. Dr. H. Buchari Alma, M. Pd. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (13th ed.). Alfabeta.

Prof. Dr. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

(ke 2). Alfabeta.

Prof. Imam Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate (ke 9). Universitas Diponegoro.

Puspita Sari, D., & Audita Nuvriasari, dan. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk merek eiger (kajian pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83.

https://doi.org/https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2298

Reinout Adonis, M., & Budi Rahayu Silintowe, Y. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. Jurnal CAPITAL, 3(1), 118–138.

https://doi.org/https://doi.org/10.33747/capital.v3i1.80

Rohmatul Ummat, & Kristina Anindita Hayuningtias. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i6.1093

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh harga, keragaman produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(5), 1–20.

http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4017

Semarang, M., Hartono, S., & Ay, B. (2019). Pengaruh Harga, Keragaman Produk dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk pada PT. Index Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 03(02), 533.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i02.481

Sentosa, E.?; B. (2023). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Produk di Foodmart Supermarket Atrium Senen. Jurnal IKRATH Ekonomika, 6(2), 133–142.

https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2344

Suhardi, Y., Syachroni, A., Burda, A., & Darmawan, A. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal STEI Ekonomi, 29(02), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.36406/jemi.v29i2.340

Syaleh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistribusian terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING, 1(1), 68–82.

https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v1i1.16

Tati Handayani?; Muhammad Anwar Fathoni. (2019). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam (Suryani, Ed.). Deepublish.

Trisnawati, N., & Riefianti, R. (2023). Analisa Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Scarlett Whitening. Jurnal IKRAITH EKONOMIKA,

(1), 170–179. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikraith- ekonomika.v6i1.2479

Yuni Apriliani, Asep Saepul Alam, & R. Selfi Nendris Sulistiawan. (2021).

Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tomat di Pasar Muka Cianjur. JUBIS Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p26-39

Zulganef. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Manajemen. Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Upi Zulkifli, & Nugraha Saefudin. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MANDRAGUNA. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 2(1), 195–211. Retrieved from https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1515