PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Amirah Fathin Assyfa Universitas Widyatama
  • Yenny Maya Dora

DOI:

https://doi.org/10.33197/bes.vol2.iss1.2022.1512

Keywords:

Promosi Media Sosial TikTok, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial TikTok dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Camille Beauty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif verifikatif    yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya. Metode pengumpulan data primer yang dilakukan melalui kuesioner, metode ini disusun berdasarkan indikator-indikator yang telah dijabarkan dalam tabel operasional variable. Banyaknya sampel yang diteliti adalah 96 responden yang merupakan konsumen Camille Beauty dengan meninjau berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan penghasilan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) ver 26.0 untuk melakukan pengujian validitas (menyatakan valid atau tidaknya pernyataan pada kuesioner) dan reliabilitas (menyatakan reliabel atau handal jawaban responden terhadap pertanyaan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa secara parsial Promosi Media Sosial TikTok (X1) berpengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian dan Kualitas roduk (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian berdasarkan hasil uji F (simultan), hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Media Sosial TikTok dan Kualitas Produk secara simultan mempengaruhi Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). "Prinsip-prinsip Pemasaran." Edisi 15. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). "Prinsip-prinsip Pemasaran." Edisi 17. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran (Edisi Keempat). Andi.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 9) Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Masker Wajah Terlaris Shopee dan Tokopedia: Brand Lokal Memimpin! - Compas. (2021). Diambil 29 Maret 2023, dari https://compas.co.id/article/masker-wajah-terlaris/

Mencerahkan Kulit Wajah, Ini 10 Top Brand Masker Wajah Terlaris di Ecommerce: Brand Lokal Menghiasi Top 3! - Compas. (2022). Diambil 30 Maret Juli 2023, dari https://compas.co.id/article/masker-wajah-terlaris-2/

Mengenal Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol. (2021). Diambil 1 April 2023, dari https://ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/id/artikel/1364-mengenal-fungsi-manajemen-menurut-henry-fayol

Utami, N. W. (2023). BAB 12 DAMPAK PEMASARAN DIGITAL DAN ECOMMERCE. Digital Marketing Dan E-commerce, 171.

Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99-102.

Herdianto, G. D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Yamaha Yzf R25 Di Yamaha Cicadas Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Wahidin, Z. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MJRT GROUP (Doctoral dissertation, Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama).

Alfika, M. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Keputusan Pembelian Sabun Cair Merek Lux (Studi Kasus Pada Warga Kelurahan Semper Timur Jakarta Utara) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Putri Anggraini, L. (2020). PENGARUH BRAND TRUST, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK AIR MINUM LE MINERALE (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Amirah Fathin Assyfa, & Yenny Maya Dora. (2023). PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 2(1), 177–194. https://doi.org/10.33197/bes.vol2.iss1.2022.1512