PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIXUE DI CIMAHI UTARA

Authors

  • Yufiansya Fauza Mirad Universitas Widyatama
  • Yenny Maya Dora Universitas Widyatama

Keywords:

Mixue, Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Saat ini perkembangan bisnis es krim semakin berkembang pesat. Salah satunya adalah Mixue. Semenjak viral, es krim Mixue mendapat banyak peminat dari masyarakat. Tetapi, seiring perjalanan waktu pengunjung Mixue setiap bulannya justru mengalami penurunan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada es krim Mixue cabang Citeureup, Cimahi Utara. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpuan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form dengan Sampel berjumlah 100 orang responden dengan kriteria pernah melakukan pembelian es krim Mixue di Kota Cimahi Utara, Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 22. Hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan pada variabel harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dan uji simultan membuktikan bahwa kualitas produk dan harga secara mempengaruhi kepuasan konsumen. Kualitas Produk dan Harga berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada es krim Mixue berdasarkan pengujian hipotesi, karena nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel. Artinya, kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen es krim Mixue. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan bagi Mixue untuk tetap meningkatkan kualitas produk supaya harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas produk yang diharapkan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, E., Lie, D., Butarbutar, M., & Nainggolan, N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar. Jurnal Manajemen, 5(1), 38–49.

Andi. Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.

Angipora, M. P. (2002). Dasar-dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2

Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran (R. Henny, Ed.). CV Budi Utama.

Firmansyah. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro.

Hamdan, & Egar, M. Z. (2022). THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY, PRICE, AND QUALITY OF SERVICE ON CONSUMER SATISFACTION OF KAMPOENGAN DUCK IN PANGKALPINANG CITY. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Hasan. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Pakaian., Terhadap Minat Beli. Jurnal Indovisi.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo press.

Kencana, P. N. (2018). The Effect of Price and Product Quality on Customer Satisfaction. PINISI Discretion Review, 2(1), 53. https://doi.org/10.26858/pdr.v2i1.1230

Kotler, & Armstrong. (2018). Principles of Marketing (Global Edition).

Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Salemba Empat.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.

Rahmawati, K. N. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KEDAIBANGSAWAN KLATEN. Universitas Negeri Yogyakarta.

Razak, I., & Nirwanto, N. (2016). The impact of product quality and price on customer. Journal of Marketing and Consumer Satisfaction, 30(2012), 59–68.

Rizaldi, N. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN, HANDPHONE SAMSUNG (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi UMS). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Rizayanti, N. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SOCOLATTE DI PIDIE JAYA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.

Sopiah, & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Bumi Aksara.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Caps.

Susanti, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Coffe RR Pekanbaru. UNIVERSITAS ISLAM RIAU.

Tj, H. W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Minuman Bobba yang Dimediasi oleh Strategi Promosi (Studi Kasus: Konsumen Chatime Tanjung Duren). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(12), 1566–1575. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i12.1875

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran: Prinsip dan Penerapan (A. Diana, Ed.; 1st ed.). Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran strategik?: mengupas pemasaran strategik, branding strategik, customer satisfaction, strategi kompetitif hingga e-marketing (3rd ed.). Andi.

Wijayanti, T. (2017). Marketing plan! dalam bisnis (3rd ed.). Elex Media Komputindo.

Zakaria, D. G., & Suwitho, S. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(4).

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Yufiansya Fauza Mirad, & Yenny Maya Dora. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIXUE DI CIMAHI UTARA. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 2(1), 260–273. Retrieved from https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1503