PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI TIKET

Authors

  • Risye Nurfarah Universitas Widyatama
  • Yenny Maya Dora

DOI:

https://doi.org/10.33197/bes.vol2.iss1.2022.1501

Keywords:

E-Service Quality, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Tiketux merupakan salah satu platform pembelian tiket travel dan shuttle secara online melalui website ataupun aplikasi. Meskipun platform tersebut telah ada sejak tahun 2008, tidak menjadikan Tiketux sebagai brand yang populer khususnya dalam pembelian tiket travel dan shuttle secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh E-Service Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Tiket (Studi Kasus Pada Platform Penjualan Tiket Travel dan Shuttle Secara Online di Tiketux). Data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Data yang digunakan untuk penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel E-Service Quality dengan variabel Keputusan Pembelian dengan hasil perhitungan regresi diperoleh nilai sebesar 6,532. Demikian pula pada variabel Brand Image variabel Keputusan Pembelian terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil perhitungan regresi sebesar 6,501. E-Service Quality dan Brand Image berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil statistik uji regresi simultan diperoleh nilai sebesar 153,638. Hasil uji koefisien determinasi padamodelregresi adalah sebesar0,645. Hal ini berarti bahwa pengaruh dari variabel E-Service Quality dan Brand Image terhadap variabel Keputusan Pembelian pada 172 responden customer Tiketux sebesar 64,5% sedangkan sisanya sebesar 35.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumber Buku:

Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media.

Assauri, S. 2018. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Fatimah, Siti. 2019. Pengantar Transportasi. Ponorogo. Myria Publisher.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, D. 2022. Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Sosial Media Marketing. Padangsidimpuan: PT. Inovasi Pratama Indonesia.

Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kholidah, Nur, dan Muhammad Arifiyanto. 2020. Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal, Pekalongan: Penerbit NEM.

Mcpheron, A. 2021. Growing Your Business: Brand Image and The Secrets to Success: How to Use Images to Grow Influence. New York: Independent Publisher.

Philip Kotler, G. A. 2018. Principles Of Marketing. Pearson.

R. Hartanto. 2019. Brand & Personal Branding. Yogyakarta: Denokan Pustaka.

Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsido Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono, F. 2020. Strategi Pemasaran: Prinsip & Penerapan. Andi.

Uma Sekaran. 2006. Metode Penelitiaan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Sumber Jurnal:

Adriano, Farhan Febrian dan Aditya Wardhana. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Eco Racing pada Perusahaan PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST). EProceeding of Management. 8(6), 8682-8689.

Arifin, E., & Fachrodji, A. 2015. Pengaruh persepsi kualitas produk, citra merek dan promosi terhadap minat beli konsumen ban Achilles di Jakarta Selatan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 153082.

Asadpoor, A. A., Abolfazli, A. 2017. Effect Of Electronic Service Quality On Customer Satisfaction and Loyalty Saderat Bank’s Customers Saeedeh. International Journal of Scientific Study. ISSN: 2321-595X.

Budiman, A., Yulianto, E., & Saifi, M. 2020. Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Dan E-Loyalty Nasabah Pengguna Mandiri Online. PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, Vol14(1), PP 1-11.

D. M. Rosyidin, and A. E. Prihatini. 2020. Pengaruh E-Service Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Traveloka.Com (Studi Pada Konsumen Traveloka.Com Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 41-49.

D. Setyowati, and S. Suryoko. 2020. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengguna Situs BukaLapak di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 251-260.

Ladhari, Riadh. 2010. Service Quality, Emotional Satisfaction, And Behavioural Intentions A Study In The Hotel Idustry. Managing Service Quality Journal, Vol 19.

Miati, Iis. 2020. Pengaruh Citra Merek terhadap Proses Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara, Vol. 1, No. 2.

N. S. A. Zaky, H. S. Nugraha, and N. Farida. 2020. Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada E-Commerce Shopee). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 70-79.

Ruhamak, M. D., & Syai’dah, E. H. 2018. Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare). Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 118–135.

SAIFUDDIN, Muchammad; RAHMAYANTI, Ni’matur. 2021. Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thriftshop Online Instagram. Cakrawala Management Business Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 847-868, ISSN 2623-0887.

V. A. Sari, and S. Suryoko. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 453-464.

Yulianingsih, A., & Oktafani, F. 2020. Pengaruh Brand Image dan E-Service Quality Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Tiket.com. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(2), 60-72.

Sumber Tugas Akhir

Agisnawati, Agis. 2021. Pengaruh Diskon, Promosi, Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pada Online Shop (Studi Kasus Konsumen Online shop Shopee Di Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Hermawan, Agetha Saskia. 2022. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Widyatama Bandung). Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Widyatama.

Priangga, Ilham. 2022. Pengaruh Online Costumer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Lazada (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Bandung). Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Widyatama.

Sumber Internet

Dataindonesia.com. 3 Februari 2023. Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta Pada 2023. Diakses pada 27 Maret 2023, dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023

Fortuneidn.com. 02 November 2022. Berapa Pengguna Internet Indonesia per 2022? Berikut Datanya. Diakses pada 27 Maret 2023, dari https://www.fortuneidn.com/tech/luky/berapa-pengguna-internet-indonesia-per-2022-berikut-datanya

Otomotif.kompas.com. 19 Maret 2023.Jumlah Bus di Indonesia Tembus 257.435 Unit, di Jawa Terbanyak. Diakses pada 27 Maret 2023, dari https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/19/142145815/jumlah-bus-di-indonesia-tembus-257435-unit-di-jawa-terbanyak

Tiketux.com. 2022. Beranda Tiketux. Diakses pada 28 Maret 2023, dari https://tiketux.com/

Traveloka.com. 2023. Beranda Traveloka. Diakses pada 28 Maret 2023, dari https://www.traveloka.com/id

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Risye Nurfarah, & Yenny Maya Dora. (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI TIKET. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 2(1), 223–238. https://doi.org/10.33197/bes.vol2.iss1.2022.1501