IMPLEMENTASI SISTEM KOLABORASI SEBAGAI PENDUKUNG DISTRIBUSI PRODUK PADA CITY COURIER

Authors

  • Ai Rosita Universitas Widyatama
  • Supriady Supriady Politeknik Pos Indonesia
  • Maniah Maniah Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss3.2015.65

Keywords:

Workflow, collaboration, design, object

Abstract

[Id]

Penyediaan sistem kolaborasi untuk mendukung kelancaran operasional bisnis merupakan kebutuhan yang esensial, terutama bagi organisasi yang tersebar pada rentang geografis yang luas dan melibatkan banyak orang dalam aktivitas bisnisnya. Sebuah sistem kolaborasi berperan memfasilitasi terjadinya workflow proses bisnis yang sudah disusun dengan cara menyediakan sarana berbagi informasi dan komunikasi di semua partisipan proses.

Penelitian ini akan membahas tahapan implementasi rancangan sistem kolaborasi untuk mendukung distribusi barang pada perusahaan City Courier, yaitu sebuah perusahaan jasa pengiriman barang dengan agen dan lokasi yang tersebar di beberapa kota.? Pendekatan yang digunakan pada perancangan ini adalah pendekatan berorientasi obyek, dan hasil rancangan diharapkan dapat dijadikan pedoman dalam implementasi sistem berupa pengembangan software sesuai dengan konsep rancangan yang sudah disusun.

Kata kunci :

Workflow, kolaborasi, rancangan, obyek.

[En]

Providing collaboration system to support the smooth operation of the business is an essential requirement, especially for organizations that operates over wide geographical range and involves many people in their business activities. Collaboration system can be an enabler that facilitate organization in implementing of business process workflow that has been defined, by providing information sharing and communication across all process participants.

This paper will discuss the design phase of collaboration system to support the distribution process on City Courier, a freight company that has agents and locations in several cities. The approach used in this design is the object-oriented approach, and the results of the draft is expected to be used as guidelines in the software development in accordance with the design concept that has been defined.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-05

How to Cite

[1]
A. Rosita, S. Supriady, and M. Maniah, “IMPLEMENTASI SISTEM KOLABORASI SEBAGAI PENDUKUNG DISTRIBUSI PRODUK PADA CITY COURIER”, jitter, vol. 1, no. 3, Dec. 2016.

Issue

Section

Articles