PENGUJIAN USABILITY USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI E-READER SKRIPSI BERBASIS HYPERTEXT

Authors

  • Ardiansyah Ardiansyah Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Imam Ghazali Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol2.iss3.2016.110

Keywords:

Usability, eReader skripsi, SUS, hypertext

Abstract

[Id]

Membaca dokumen hypertext yang berbentuk web lebih menyulitkan jika dibandingkan dengan dokumen teks linier seperti PDF. Selain itu, membaca dokumen hypertext sebagai representasi sebuah buku atau skripsi elektronik memiliki kelemahan dari sisi user interface dan user experience. Padahal website telah menjadi media elektronik yang jamak digunakan para pembaca untuk mengakses dan membaca berbagai macam informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat usability desain aplikasi eReader skripsi berbasis hypertext. Penelitian ini menggunakan paket pengujian SUS (System Usability Scale) untuk mengukur usability desain aplikasi dan SEQ (Single Ease Question) untuk mengukur tingkat kemudahan setiap fungsi desain aplikasi yang dikembangkan. Komparasi dilakukan antara sistem eReader yang saat ini digunakan yaitu Digilib UAD dengan desain aplikasi eReader skripsi hypertext. Hasil komparasi ini untuk mengetahui tingkat perbedaan usability antara keduanya. Penelitian ini melibatkan sebanyak tiga puluh responden yang dipilih secara acak yang dikelompokkan ke dalam dua kondisi. Sebanyak lima belas responden yang menggunakan eReader skripsi Digilib UAD dan lima belas responden yang menggunakan desain aplikasi eReader berbasis hypertext. Hasil pengujian menunjukkan bahwa skor SUS desain aplikasi eReader skripsi hypertext adalah sebesar 82.2 yang berarti bahwa desain aplikasi eReader skripsi yang dikembangkan memiliki usability yang excellent menurut para responden, sehingga bisa diterima dengan baik nantinya oleh para pengguna. Hasil komparasi menunjukkan bahwa tingkat usability desain aplikasi yang dikembangkan lebih tinggi dan berbeda secara signifikan dibandingkan dengan usability aplikasi Digilib UAD yang sebesar 63.8. Hasil komparasi menunjukkan bahwa para pengguna lebih menerima dan puas dengan desain aplikasi eReader skripsi hypertext dibanding dengan eReader skripsi Digilib UAD.

Kata kunci :

Usability, eReader skripsi, SUS, hypertext

[En]

Reading hypertext documents is more difficult than reading traditional linear text. Reading hypertext document as a representation of electronic book or thesis has lack the user interface and user experience. Website is widely used by readers as an electronic media to access and read the various information. This study aims to measure usability level of eReader thesis based hypertext. This study uses a SUS (System Usability Scale) questionnaire package to measure the usability of the application design and SEQ (Single Ease Question) to determine the level of convenience of each function of the applications proposed. Comparison is conducted between eReader system that is currently used in Digilib UAD and hypertext based eReader system to determine which one is more usable. The study involved thirty participants were selected randomly into two conditions. Fifteen participants use Digilib UAD eReader and another fifteen participants use hypertext-based eReader system. The results showed SUS score for hypertext based eReader system 82.2, which means that the proposed eReader application has excellent usability according to the participants, so it will be well received by the users. Furthermore, the comparison showed that the usability level of proposed system is higher and significantly different compared with the usability of Digilib UAD by 63.8. Thus, it means the user is received and satisfied with the proposed eReader system compared with the Digilib UAD eReader system.

Keywords :

Usability, eReader skripsi, SUS, hypertext

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-15

How to Cite

[1]
A. Ardiansyah and M. I. Ghazali, “PENGUJIAN USABILITY USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI E-READER SKRIPSI BERBASIS HYPERTEXT”, JITTER, vol. 2, no. 3, Aug. 2016.

Issue

Section

Articles