STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI SEKTOR PERMUKIMAN PASCA BENCANA BANJIR (Studi Deskriptif Masyarakat Korban Banjir Di Sepanjang DAS Cimanuk Kabupaten Garut)

Authors

  • Santy Sriharyati Politeknik LP3I Bandung
  • Meli Siagawati Politeknik LP3I Bandung
  • Dewi Reniawaty Politeknik LP3I Bandung

Keywords:

Komunikasi Persuasif, Tim Pendampingan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan strategi komunikasi persuasif dalam pendampingan masyarakat korban bencana banjir Sungai Cimanuk Kabupaten Garut. Keberhasilan dari penelitian ini diharapkan berguna untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif dalam pendampingan masyarakat banjir dan pihak stakeholder mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang efektif supaya masyarakat siap dipindahkan dari lokasi lama ke lokasi permukiman baru. Penelitian ini studi memfokuskan tentang strategi komunikasi persuasif pada pendampingan masyarakat korban bencana banjir Sungai Cimanuk Kabupaten Garut dengan lokasi penelitian di Masyarakat Korban Banjir Daerah Aliran Sungai Cimanuk Kabupaten Garut yang termasuk dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 360/Kep.729.Disperkim/2017. Populasi penelitian ini, difokuskan kepada masyarakat korban bencana banjir di sepanjang Cimanuk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Pada tahap pengolahan data menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran tim pendamping mempunyai peran penting dalam strategi komunikasi persuasif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-03

How to Cite

Sriharyati, S., Siagawati, M., & Reniawaty, D. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI SEKTOR PERMUKIMAN PASCA BENCANA BANJIR (Studi Deskriptif Masyarakat Korban Banjir Di Sepanjang DAS Cimanuk Kabupaten Garut). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 17(2), 109–119. Retrieved from https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/604