Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes <p>Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains (BES) adalah jurnal yang baru diterbitkan oleh Sekolah Pascasarjana &nbsp;Universitas Widyatama. Jurnal BES merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kegiatan pengabdian kepada masayarakat, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang ilmu ekonomi, manajemen/bisnis dan sains lainnya. Tidak hanya untuk para peneliti atau dosen tetapi juga merupakan wadah untuk mahasiswa pascasarjana dalam mempublikasikan artikel/ tesisnya.</p> en-US Khairul.Shaleh@widyatama.ac.id (Dr. Khairul Shaleh, S.E., M.Sc. A.A.P-A) puan.maharani@widyatama.ac.id (Puan Maharani) Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1512 <p><em>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial TikTok dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Camille Beauty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif verifikati</em><em>f </em><em>yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya. Metode pengumpulan data primer yang dilakukan melalui kuesioner, metode ini disusun berdasarkan indikator-indikator yang telah dijabarkan dalam tabel operasional variable. Banyaknya sampel yang diteliti adalah 96 responden yang merupakan konsumen Camille Beauty dengan meninjau berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan penghasilan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) ver 26.0 untuk melakukan pengujian validitas (menyatakan valid atau tidaknya pernyataan pada kuesioner) dan reliabilitas (menyatakan reliabel atau handal jawaban responden terhadap pertanyaan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa secara parsial Promosi Media Sosial TikTok (X1) berpengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian dan Kualitas roduk (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian berdasarkan hasil uji F (simultan), hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Media Sosial TikTok dan Kualitas Produk secara simultan mempengaruhi Keputusan Pembelian.</em></p> Amirah Fathin Assyfa, Yenny Maya Dora Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1512 Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MANDRAGUNA https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1515 <p><em>Pertanian Indonesia mendapatkan nilai positif di dunia, pertumbuhan ekonomi indonesia setiap tahunnya bergerak lebih baik, membuat sektor pertanian di Indonesia menarik bagi dunia internasional, beras dan jagung mempunyai peranan penting bagi kestabilan perekonomian, ketahanan pangan dan stabilitas nasional. Pada saat ini, produksi beras dan jagung masih didominasi oleh konsumsi rumah tangga. Terlihat bahwa konsumsi beras rumah tangga pada tahun 2019 adalah sebesar 20 juta tontahun. konsumsi jagung pada tahun 2019 sebanyak 12,88 juta ton pertahun. Pada konteks di atas fenomena kebutuhan petani yang terus meningkat menghadirkan peluang penjualan PT. MANDRAGUNA pada bidang pupuk organik cair, Sampel yang dilakukan dengan menggunakan rumus slovin, Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner disebarkan kepada para konsumen sebanyak 100 orang. Metode statistic menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis secara parsial atau uji t dan simultan atau uji F. Dari Tabel uji t diketahui nilai signifikan untuk X1 yakni 0,000 kurang dari 0,05 0,000 0,05 dengan beta bernilai positif 0,232. Dengan kata lain X1 berpengaruh positif pada Y. Dari Tabel Hasil uji t diatas dapat diketahui nilai signifikan untuk X2 yakni 0,000 kurang dari 0,05 0,000 0,05 dengan beta bernilai positif 0,400. Dengan kata lain X2 berpengaruh positif pada Y. Variabel X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhadap Variabel Y. </em><em>Saran bagi perusahaan PT. MANDRAGUNA PUSAKA INDONESIA sebaiknya tingkatkan lagi kualitasnya agar hasil panen lebih meningkat serta masalah harga untuk dikurangi lagi, sebab penjualan harga padi pada panen raya terkadang harganya turun.</em></p> Upi Zulkifli, Nugraha Saefudin Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1515 Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0700 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN MESIN CV VERA ENGINEERING https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1591 <p><em>Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen CV Vera Engineering merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang perdagangan yang mencakup penjualan dan pembelian mesin - mesin dalam ruang lingkup textile (mesin, kain, benang). Perusahaan membutuhkan system informasi yang menggunakan computer agar perusahaan dapat menyajikan informasi dengan cepat, tepat, dan akurat, sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang tepat bagi perusahaan. Hal ini juga akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses penjualan dalam perusahaan. Tujuan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui sistem informasi yang dilakukan saat penjualan mesin-mesin pada CV Vera Engineering serta mengetahui kendala yang dihadapi perusahaan dalam melakukan sistem informasi yang baik. Adapun permasalahan berkaitan sistem informasi yang ditemukan oleh penulis adalah pengelompokan yang tidak semestinya dimana hal ini bisa saja berakibat fatal kedepannya. Adapun Penulis menggunakan metode deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data yaitu laporan tugas akhir lapangan dan laporan tugas akhir kepustakaan. Hasil laporan tugas akhir menunjukkan bahwa tingkat efektivitas sistem informasi dalam persedian barang dagangan belum optimal, masih ditemukan beberapa kasus kesalahan dalam pengelompokan beberapa bagian mesin. Penulis menyarankan agar CV Vera Engineering melakukan perbaikan dalam menjalankan sistem informasi agar memudahkan dalam menjalankan proses penjualan mesin.</em></p> Rina Tresnawati, Novita Erliana Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1591 Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI TIKET https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1501 <p><em>Tiketux merupakan salah satu platform pembelian tiket travel dan shuttle secara online melalui website ataupun aplikasi. Meskipun platform tersebut telah ada sejak tahun 2008, tidak menjadikan Tiketux sebagai brand yang populer khususnya dalam pembelian tiket travel dan shuttle secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh E-Service Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Tiket (Studi Kasus Pada Platform Penjualan Tiket Travel dan Shuttle Secara Online di Tiketux). Data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Data yang digunakan untuk penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel E-Service Quality dengan variabel Keputusan Pembelian dengan hasil perhitungan regresi diperoleh nilai sebesar 6,532. Demikian pula pada variabel Brand Image variabel Keputusan Pembelian terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil perhitungan regresi sebesar 6,501. E-Service Quality dan Brand Image berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil statistik uji regresi simultan diperoleh nilai sebesar 153,638. Hasil uji koefisien determinasi padamodelregresi adalah sebesar0,645. Hal ini berarti bahwa pengaruh dari variabel E-Service Quality dan Brand Image terhadap variabel Keputusan Pembelian pada 172 responden customer Tiketux sebesar 64,5% sedangkan sisanya sebesar 35.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.</em></p> Risye Nurfarah, Yenny Maya Dora Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1501 Fri, 22 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG TERGOLONG INDEKS LQ 45 https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1543 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham perusahaan yang tergolong ke dalam indeks LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan. Kinerja keuangan yang dimaksud di sini adalah kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan variabel Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER), sedamgkan variabel dependen adalah harga saham penutupan pada akhir tahun.</em></p> <p><em>Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 21 perusahaan yang tergolong ke dalam indeks LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013 yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik, kemudian dilanjutkan dengan penghitungan koefisien determinasi dan pengujian hipotesis (uji F dan uji t) yang diolah dengan SPSS.</em></p> <p><em>Dari model regresi berganda yang digunakan dalam penelitian ini, hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa hanya dua variabel yaitu EPS dan PER yang berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham, sedangkan ROA dan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dan secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa ROA, ROE, EPS, dan PER secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham. EPS merupakan variabel yang paling dominan terhadap harga saham.</em></p> Tetty Lasniroha Sarumpaet, Claudia Santi Puspitasari Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1543 Fri, 22 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN BARANG DAN KONSUMSI DI BEI https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1563 <p><em>Penelitian menguji pengaruh pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan barang dan konsumsi di BEI. Dengan menggunakan 40 data sample yang di uji dengan SPSS 25. Berdasarkan analisis Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh VACA, STVA, dan VAHU terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 sampai 2020. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan melakukan pengujian secara simultan&nbsp; (uji&nbsp; F) dan&nbsp; pengujian&nbsp; secara parsial&nbsp; (uji&nbsp; t)&nbsp; maka dapat&nbsp; disimpulkan bahwa Value&nbsp; added&nbsp; capital&nbsp; employed&nbsp; (VACA)&nbsp; secara&nbsp; parsial tidak berpengaruh terhadap return on aasset (ROA). STVA tidak berpengaruh terhadap ROA sedangkan&nbsp; VAHU memiliki pengaruh terhadap perubahan return on aasset (ROA). </em></p> Wiwik Saraswati, Mercy Kadang Bombing, Miawaty Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1563 Fri, 22 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIXUE DI CIMAHI UTARA https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1503 <p><em>Saat ini perkembangan bisnis es krim semakin berkembang pesat. Salah satunya adalah Mixue. Semenjak viral, es krim Mixue mendapat banyak peminat dari masyarakat. Tetapi, seiring perjalanan waktu pengunjung Mixue setiap bulannya justru mengalami penurunan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada es krim Mixue cabang Citeureup, Cimahi Utara.</em> <em>Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpuan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form dengan Sampel berjumlah 100 orang responden dengan kriteria pernah melakukan pembelian es krim Mixue di Kota Cimahi Utara, Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 22.</em> <em>Hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan pada variabel harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dan uji simultan membuktikan bahwa kualitas produk dan harga secara mempengaruhi kepuasan konsumen. Kualitas Produk dan Harga berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada es krim Mixue berdasarkan pengujian hipotesi, karena nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel. </em><em>Artinya, kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen es krim Mixue.</em> <em>Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan bagi Mixue untuk tetap meningkatkan kualitas produk supaya harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas produk yang diharapkan konsumen.</em></p> Yufiansya Fauza Mirad, Yenny Maya Dora Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1503 Fri, 22 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1629 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perencanaan pajak, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021. Objek yang diuji dalam penelitian ini adalah perencanaan pajak, profitabilitas, dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen, sedangkan manajemen laba sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021 yang berjumlah 62 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi purposive sampling dengan metode, sehingga jumlah sampel sebanyak 27 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 10. Dari Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan Pajak tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, dan Perencanaan Pajak, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap Manajemen Laba</p> Suryana, Pindonta Jeremia Nicolas Edro Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1629 Fri, 22 Dec 2023 00:00:00 +0700