ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA NAISAU KECAMATAN SASITAMEAN KABUPATEN MALAKA

Authors

  • Antonius Yohanes William Timuneno
  • Maria Vianey Rae
  • Maria Goreti Malut

Keywords:

Efektifitas, Pengelolaan, Dana Desa, Pembangunan infrastruktur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan dana desa dalam pembangunan infrastruktur sesuai dengan peraturan Permendagri No. 20 tahun 2018 di Desa Naisau Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total prioritas penggunaan Anggaran Dana Desa untuk lima bidang operasional desa, sesuai peraturan, yaitu penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, pemberdayaan masyarakat desa, dan penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak desa. Namun, pada bidang pelaksanaan pembangunan desa terjadi penurunan anggaran dari tahun 2021 ke tahun 2022. Analisis pengelolaan dana desa mencakup perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, dan pelaporan. Tahap perencanaan melibatkan perangkat desa dalam musyawarah dengan masyarakat setempat, yang kemudian dijadikan pedoman dalam menyusun APBDesa. Pencairan dana desa dilakukan dalam tiga tahap, tetapi terkadang mengalami keterlambatan, yang dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan pembangunan. Tahap pelaksanaan kegiatan pembangunan dilakukan melalui swakelola, dengan rekrutan tenaga kerja dari masyarakat setempat. Namun, terdapat kendala seperti penundaan waktu dan perijinan lahan yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan. Penatausahaan dan pelaporan dilakukan oleh sekretaris desa dan BPD sebagai bentuk transparansi. Proses penatausahaan berjalan efektif tanpa kendala. Pelaporan dilakukan untuk memberikan informasi keuangan dan hasil pekerjaan kepada masyarakat desa. Kesimpulannya, pengelolaan dana desa untuk pembangunan infrastruktur di Desa Naisau belum sepenuhnya berjalan efektif sesuai peraturan. Kendala pada pelaksanaan dan pelaporan terutama terkait dengan keterlambatan pencairan dana, dan penundaan pelaksanaan kegiatan. Diperlukan upaya untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan dana desa guna mencapai tujuan pembangunan infrastruktur yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad (2021) Eksploitasi Pembangunan Infrastruktur (Studi kasus di desa Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri).

Azwardi, Sukanto (2014). Efektifitas Alokasi Dana Desa (Add) Dan Kemiskinan Di Provinsi Sumatera Selatan, Jurnal Ekonomi Pembangunan,Volume 12, No. 1.

Bambang (2019) Efektivitas Pemanfaatan Dana Desa dalam Menunjang Pembangunan Infrastruktur di Desa Karangsalam Lor Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Barniat (2019) Efektivitas Penyelenggaraan Otonomi Desa Dalam Rangka Pengelolaan Keuangan Desa, Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1 (5).

Dimas (2017) Analisis Pengaruh Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Dwipayana, dkk.2003 Membangun Good Governance di desa. Jogjakarta.IRE Press.

Edwien. Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Karegesan Kecamatan Kautidan Kabupaten Minahasa Utara, Jurnal Eksekutif 1 (1), 2017

Hardiana, D. G. U. Implementasi pemendagri 113 tahun 2014 tentang pengelolaan alokasi dana desa: Studi pada desa tumpang kecamatan talun kabupaten blitar. UIN Maulana Malik Ibrahim 2017.

Henny (2020). Pengaruh Dana Desa Untuk Pembangunan Infrastruktur, (Studi di desa Manulea)

Ilham (2022). Optimalisasi Alokasi Dana Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa (Studi di desa Nahepese Kecamatan Manganitu).

Julianto, Adi Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kec.Sembakung Kab.Nunukan. Afidah Muliati Karohmah, Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) Pada Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu, UMM.

Lasabuda, S. (2021). Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Borgo Kabupaten Minahasa Tenggara. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

Lapananda, Y. 2016. Hukum Pengelolaan Keuangan Desa.Jakarta: PT.Wahana Semesta Intermedia.

Ndraha, Taliziduhu 1991. Dimensi-Dimensi Pemerintahan Desa. Jakarta.Bumi Aksara.

Nurcholis, H. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa.

Perundang-Undangan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa

Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Pasal 8 ayat (1) huruf b Tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Putra Kusuma Chandra, Ratih Nur Pratiwi, Suwondo (2014). Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa, Malang, Jurnal Administrasi Publik.

Ridwan, M. and A. Ngampo, M. Yusuf (2018). Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Bone Kabupaten Bone. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND).

Ruru. Novianti 2022. Analisis Penerapan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Desa (Studi kasus desa Suwaan kecamatan kalawat kabupaten minahasa utara).

Saparin.2009. Tata Pemerintahan dan Administrasi Pemerintahan Desa. Jakarta Ghalia Indonesia.

Sugiyono,2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Supriatna, T.1993.Sistem Administrasi Pemerintahan di Daerah.Jakarta:Bumi Aksara.

Sutoro, E. (2015). Kepemimpinan Desa. Jakar-ta: Kementerian Desa, Pembangunan Dae-rah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2001 tentang Pemerintah Daerah

Waworuntu J, Djorghie. Daisy S.M., & Een N. Walewangko (2022). Analisis pengelolaan dana desa dalam meningkatkan pembangunan masyarakat di desa mokobang kecamatan modoinding, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 22, No 6.

Widjaja, H. (2004). Otonomi Desa Merupa-kan Otonomi yang Bulat dan Utuh. Jakar-ta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yusuf, M. 2020. Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa di kecamatan Mare Kabupaten

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Antonius Yohanes William Timuneno, Maria Vianey Rae, & Maria Goreti Malut. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA NAISAU KECAMATAN SASITAMEAN KABUPATEN MALAKA. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Dan Sains, 2(2), 346–363. Retrieved from https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes/article/view/1861