Jurnal Inovasi Masyarakat https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM <p>Jurnal Inovasi Masyarakat adalah Jurnal yang diterbitkan oleh LP2M Universitas Widyatama. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ini menyediakan forum bagi akademisi, praktisi dan perwakilan komunitas untuk memajukan teori dan praktik yang terkait upaya inovatif; masalah kritis di Masyarakat; tren wilayah; peluang yang muncul di masyarakat; dampak studi di bidang pelayanan publik; penelitian partisipatif berbasis komunitas; penelitian tindakan dan pembelajaran layanan masyarakat. Jurnal Inovasi diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Mei, September dan Desember</p> en-US [email protected] (Andhika Ligar Hardika) Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Solusi Praktis: Aplikasi Android untuk Pembelian Barang dengan Metode Cash Basis https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2195 <p><em>Pembelian dan persediaan barang di klinik medika sebelumnya menggunakan metode manual, cara ini membuat admin dan supervisor tidak dapat memperoleh informasi secara relevan. Perancangan sistem ini bertujuan untuk mengembangkan komputerisasi operasional dan keuangan. Metode pelaksanaan meliputi kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian sistem dan pemeliharaan. Dengan sistem tersebut admin dan supervisor dapat mengelola dengan mudah serta melakukan transaksi secara lengkap dan terkomputerisasi. Berdasarkan wawancara penilaian dengan responden, hasilnya sangat baik karena aplikasi mempermudah kegiatan operasional dan keuangan klinik medika</em>.</p> Ully Hijriyani Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi Masyarakat https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2195 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700 Wirausahawan Muslim https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2170 <p><em>Indonesia sebagai negara yang sedang berusaha memulihkan kondisi ekonominya, dipenuhi dengan persaingan pasar antara perusahaan yang sedang berkembang dengan perusahaan yang masih dalam tahap awal. Persaingan tersebut adalah dalam hal bagaimana mencapai posisi sehingga mampu menguasai pasar di tingkat nasional maupun regional. Untuk mencapai hal tersebut, berbagai upaya dilakukan oleh perusahaan, berbagai teori dan pemahaman ditransformasikan ke dalam dunia bisnis mereka, bahkan tidak jarang terjadi persaingan yang tidak sehat yaitu saling menjatuhkan. Fenomena ini dapat dilihat pada iklan- iklan yang dimuat di media, baik media cetak maupun media elektronik. Keadaan ini seakan sudah menjadi langkah yang sah-sah saja dimata para "Pemburu Pasar" dan yang penting bagi mereka adalah bagaimana perusahaan tetap eksis dan dapat merebut hati konsumen</em></p> Nana Prihatna Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi Masyarakat https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2170 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700 Meningkatkan Profit Melalui Faktor Internal Perusahaan https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2316 <p><em>Membahas efisiensi operasional dan ukuran perusahaan serta return on equity. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif Populasi adalah bank yang terdaftar di bursa efek Indonesia dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini telah melakukan uji asumsi klasik kemudian diolah menggunakan Eviews 11. Penelitian ini menemukan bahwa efisiensi operasional dan ukuran perusahaan mempengaruhi secara positif pada return on equity. Penelitian ini memberikan wawasan kepada investor dalam menginvestasikan dana atau berinvestasi di bank perlu memperhatikan informasi mengenai efisiensi operasional, dan ukuran perusahaan karena hal tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan sehingga timbal balik kepada investor juga akan baik.</em></p> Uus Rustandi Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi Masyarakat https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2316 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Digital Marketing pada Komunitas Cimahi Kreatif Ekonomi Produktif di Cimahi https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2251 <p><em>The purpose of this service is to help business actors, especially MSMEs in the Cimahi Creative Productive Economy community, utilize digital technology in order to increase the volume and promotion of their sales so that the public as potential customers/consumers can access and find out the details of the products or services offered. The problem of these MSMEs is that they still have limited ability and understanding in the use of digital technology to market the products or services created so that they experience obstacles in increasing sales and it is even difficult to introduce their products due to shifts in consumer behavior in purchasing consumer goods due to increasingly rapid technological developments. The method that will be used in solving the problem is to conduct a process of training and mentoring in the application of digital marketing so that it can have a direct impact on MSME actors. The results show that after the training process and continued with mentoring, the average business actor has been able to use digital marketing in his business, but there are still some who have not due to other obstacles such as devices and other technicalities. </em></p> Rosmini Ramli, Esi Fitriani Komara, Rahardianto Rahardianto, Hariyadi Triwahyu Putra Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi Masyarakat https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2251 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700 Meningkatkan Loyalitas Karyawan Pada PT. A https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2196 <p><em>Mengkaji meningkatkan loyalitas pada PT. A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori.</em> <em>Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh pegawai PT. A, sampel yang digunakan 30 responden yang dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh. Analisis data dilakukan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA), dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji kelayakan model (uji F), koefisien determinasi, dan uji t parsial. Hasil menunjukkan bahwa disiplin kerja dan budaya organisasi memiliki pengaruh terhadap loyalitas kerja, dan kepuasan kerja mampu memoderasi pengaruh disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap loyalitas kerja karyawan Pada PT. A. Semakin baik budaya organisasi dan disiplin kerja yang dibangun atau ditanamkan oleh perusahaan kepada seluruh karyawan,</em> <em>maka tingkat loyalitas kerja karyawan akan semakin meningkat Dan Kepuasan kerja dapat meningkatkan pengaruh budaya kerja dan disiplin kerja.</em></p> Adji Muhammad Fajri Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi Masyarakat https://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/2196 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700