Efektivitas Brand Image Dalam Keputusan Pembelian Produk UKM Kampoeng Rajoet Binong Jati
DOI:
https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss2.2022.880Keywords:
Pemasaran Digital, Branding, Konten, Keputusan Pembelian ProdukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas Brand Image terhadap keputusan pembelian produk UKM di Kampoeng Rajoet Binong Jati. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah UKM Kampoeng Rajoet Binong Jati yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan tujuan untuk menguji hubungan atau pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh langsung dari unit analisis yang diteliti. Sedangkan dalam pengolahan dan analisis data menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini diketahui bahwa variabel Brand Image berpengaruh positif dalam menentukan Keputusan Pembelian produk UKM Kampoeng Rajoet Binong Jati. Hal ini menunjukkan bahwa Branding dan Content yang membentuk Brand Image dapat mempengaruhi masyarakat dalam menentukan keputusan pembelian produk dari UKM Kampoeng Rajoet Binong Jati.
References
Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian sepatu converse. Agora, 5(2).
Aldi, A. 2012. Pengaruh Citra Merk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Hal 21. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/8572/I/cover%20-08408144029.pdf
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2006). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice, 6th ed., Pearson.
Huda, N. (2020). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37-43.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2 edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., Wong, V., Saunders, J, & Armstrong, G. (2005). Principles of Marketing. (4th ed). England: Pearson Education, Inc.
Schiffman, L. G & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Sutrasmawati, R. E. (2016). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal, 5(4).
Setyaji, W.B. (2008). Analisis pengaruh citra merek, perceived quality, dan iklan terhadap keputusan pembelian shampoo Sunsilk di Kota Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.
Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, brand image, dan media communication terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal, 1(1).
Umar. (2015). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
https://www.akseleran.co.id/blog/digital-marketing/
https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/09/06/digital-marketing-adalah
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan- penerapannya/#Apa_Itu_Digital_Marketing_DM