Media Pembelajaran Toefl Melalui Zoom Meeting Selama Covid-19 di SMK Mahardika Batujajar
DOI:
https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss1.2022.868Keywords:
Toefl, Covid-19, Zoom MeetingAbstract
Pandemi Covid-19 yang muncul secara tiba-tiba menuntut sivitas akademika untuk segera melakukan perubahan pembelajaran. Pembelajaran konvensional selama ini diharapkan segera diperbaiki dan diubah menjadi ranah pembelajaran dalam jaringan serba teknologi. Pembelajaran online adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan cepat dan terburu-buru. Jaringan harus dipersiapkan secara matang agar produk pembelajaran yang dihasilkan menunjukkan kualitas pembelajaran sebagaimana mestinya. Penggunaan media Zoom Meeting memudahkan pelaksanaan secara online dimana guru dan siswa lebih mudah untuk diakses dan digunakan. Dengan penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa walaupun tanpa tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media pembelajaran Toefl melalui Zoom Meeting di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Mahardika Batujajar. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui Zoom Meeting sangat membantu dalam proses pembelajaran Toefl di masa pandemi Covid-19.
References
Bawanti, P. K. D., & Arifani, Y. (2021). The Students’ Perceptions of Using Zoom Application On Mobile Phone in Improving Speaking Skills During Online Learning At Ban Loeiwangsai School, Loei Province, Thailand. Journal of English Teaching, Literature, And Applied Linguistics, 5(1), 54. Https://Doi.Org/10.30587/Jetlal.V5i1.2212.
Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. In S. Publications (Ed.), (pp. 251-260). Retrieved from http://eduq.info/xmlui/handle/11515/19498.
Cho, Y., & Bridgeman, B. (2012). Relationship of TOEFL iBT® scores to academic performance: Some evidence from American universities. Language Testing, 29(3), 421–442.
Farfar, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1).
Firmansyah, F. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589–597. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.355.
Gunawan, H. (2012). Socratic Questioning Method sebagai upaya untuk Meningkatkan Critical Thinking Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa. Seminar Nasional Bahasa.
Haqien, D. & Rahman, A, A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol. 5 No. 1 Agustus 2020.
Hartono, Didik, Devita Puspita Ratri, and Isti Purwaningtyas. (2017). Cara Mudah Menguasai TOEFL. ed. Ub Press Team. Malang: UB Press.
Hasriani, G., Risan, R., & Nasta, M. (2008). Pelatihan TOEFL bagi Lembaga MAMMESA. 238– 240.
Isaac, W, and W Justin. (2009). Relationship Between TOEFL Score and Academic Success for International Engineering Students. Journal of Engineering Education 98 (4).
Krausz, J., Schiff, A., Schiff, J., & Hise, J. V. (2005). The impact of TOEFL scores on placement and performance of international students in the initial graduate accounting class. Accounting Education,14(1), 1), 103-111.
Kurasi, Syamsuriana. (2012). “The Correlation Between The Students’ Attitude and English Proficiency of the Second Year Students of SMK Negeri 1 Enrekang.” UIN Alauddin Makassar.
Manurung, S. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom dan WhatsApp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 4(8), 155–165. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129.
Nugraha, D.N, Ayu, N, Fridiana, S, W, OTT, M, Listiani, N, Herawati,and Saudi, M, H. (2021) A Critical Discourse Analysis to Prevent the Second Wave of COVID-19 Pandemic in Indonesia. Review of International Geographical Education (RIGEO),11(5), 906-912.doi:10.48047/rigeo.11.05.87.
Papageorgiou, S., & Cho, Y. (2014). An investigation of the use of TOEFL® JuniorTM. Standard scores for ESL placement decisions in secondary education. Language Testing. Language Testing, Papageorgib (31(2)), 223–239.
Phillips, Deborah. (2011). Complete Course for the TOEFL Test. Allen Asch. USA:longman.
Sari, P., & Simatupang E, C, (2020). Blended Learning Method for Teaching Reading: The Benefit Impacts for Non-Regular English Class Program. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24 (2), 3625-3628. Doi: 10.37200/IJPR/V24I2/PR200684.
Simatupang E, C, Sari P, and Siregar A, T. (2021). The Use of Google Classroom Application to Enhance Toefl Score During Pandemic Covid 19. Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(6), 617-622. Doi: 10.48047/rigeo.11.06.77.
Suardi, M. (2020). The Effectiveness of Using The ZOOM Cloud Meetings Application in The Learning Process. Proceeding of The International Conference On Science and Advanced Technology (ICSAT), 590–602.
Williamson, K., Given, L. M., & Scifleet, P. (2018). Qualitative data analysis. In Research Methods: Information, Systems, and Contexts: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102220-7.00019-4.