Pemberdayaan Pengusaha UMKM Binaan KADIN Kota Bandung Berkarakter Technopreneurship Yang Berdaya Saing Global Melalui Implementasi Digital Marketing

Authors

  • Sunardi Sembiring Brahmana Universitas Widyatama
  • Sri Astuti Pratminingsih Universitas Widyatama
  • Gagan Sugandi Universitas Widyatama
  • Uce Karna Suganda Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss1.2022.865

Keywords:

Marketing Digital, UMKM, KADIN

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini berjalan dengan cepat dan merubah perilaku konsumen. Setiap perusahaan berusaha untuk beradaptasi terhadap perubahan ini, salah satunya dengan mengadopsi digital marketing. UMKM yang merupakan mayoritas pengusaha di Indonesia juga harus mengikuti perkembangan ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adopsi atau implementasi digital marketing diantara para pelaku UMKM binaan KADIN kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan objek penelitian adalah pemilik UMKM yang menjadi binaan KADIN Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya ketertarikan pelaku UMKM untuk menggunakan digital marketing dalam memasarkan produk UMKM. Kemampuan, kesadaran akan manfaat digital marketing dan juga implementasi digital di UMKM sudah cukup baik, terutama bagi generasi yang lebih muda. Peran pemerintah, perguruan tinggi dan organisasi lainnya dibutuhkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengimplementasikan digital marketing

References

Ali Hasan, (2013). “Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan”. Yogyakarta : Center forAcademic Publising Servive.

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap perlambatan ekonomi sektor umkm. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(6), 19–24.

Damuri, Y. R., Aswicahyono, H., Hirawan, F., Setiati, I., & Simanjuntak, I. (2020). Langkah Pemberdayaan UMKM dalam Menghadapi Covid-19. CSIS Policy Paper. Jakarta: CSIS

Eid, R., & El-Gohary, H. (2013). The Impact of E-marketing uses on Small Business Enterprises'Marketing Success. The Service Industries Journal, 33(1), 31-50.

Grandon, E. E., and Pearson, J. Michael. (2004). Electronic Commerce Adoption: An Empirical Study of Small and Medium US Businesses, Information & Management Vol 42. pp. 197–216.

Husaini Usman, Purnomo Setyadi Akbar. (2017). Metode Penelitian Sosial. Bumi Aksara

Knight, G. A., & Cavusgil, S. T. (2004). Innovation, organizational capabilities, and the born-global firm. Journal of International Business Studies, 35(2), 124-141. https://doi.org/10.1057/palgrave.jibs.8400071

Li, Kannan, Viswanathan, & Pani (2016) Li, Hongshuang Alice, P. K. Kannan, Siva Viswanathan, dan Abhishek Pani. 2016. “Attribution strategies and return on keyword investment in paid search advertising.” Marketing Science 35(6):831–48.

Macchion, L., Moretto, A.M., Caniato, F., Caridi, M., Danese, P., and Vinelli, A. (2017). International Ecommerce for Fashion Products: What is The Relationship with Performance?. International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 45 No. 9, pp.1011-1031

Mesut, S., Ahmet, I., and Sefer, S. (2014). The Potential of E-commerce for SME in a Globalizing Business Environment. Procedia – Social and Behaviroral Sciences, pp. 35-45.

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pakpahan, Aknolt Kristian. (2020). “Covid-19 dan Implikasi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Universitas KatolikParahyangan.

Pradiani, Theresia. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap

Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA 11(2): 46–53.

Ramanathan, R., Ramanathan, U., and Hsiao, H.L. (2012). The Impact of E-commerce on Taiwanese SMEs: Marketing and Operations Effect. International Journal Production Economics, Vol. 140, pp. 934-943.

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Syarif, A. (2008). Pengaruh Pemasaran relasional terhadap kepuasan pelanggan pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumi Putera 1912 Cabang Medan.

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce DuringPandemic Covid19. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 36–48. https://e-journal.unair.ac.id/JIET

Shaw, E. (2006). Small firm networking an insight into contents and motivating factors. International Small Business Journal, 24, 5-29.

Saifuddin, M. 2020. “Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya)”. Jurnal Bisnis dan Teknologi 7 (Vol 7 No 1 Tahun 2020),16 -20

Downloads

Published

2022-04-13

How to Cite

Brahmana, S. S., Pratminingsih, S. A., Sugandi, G., & Suganda, U. K. (2022). Pemberdayaan Pengusaha UMKM Binaan KADIN Kota Bandung Berkarakter Technopreneurship Yang Berdaya Saing Global Melalui Implementasi Digital Marketing. Jurnal Inovasi Masyarakat, 2(1), 26–34. https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss1.2022.865