Penguatan SDM UMKM Binaan Kadin Kota Bandung Berkarakter Technopreneurship Yang Berdaya Saing Di Pasar Global Melalui Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.33197/jim.vol1.iss3.2021.851Keywords:
UMKM, Technopreneurship, Pengembangan SDM, Daya Saing, Pasar GlobalAbstract
Kota Bandung memiliki berbagai jenis sektor dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang fashion, kuliner, wisata, handicraft, jasa dan perdagangan. UMKM tersebut memiliki kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi kota Bandung, sehingga diperlukan upaya mempertahankan keberlangsungan hidup UMKM melalui penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik hard maupun soft competency agar dapat mengoptimalkan peluang bisnis dengan menggunakan teknologi digital sehingga akan mengantarkan terwujudnya technoprenuership, yang merupakan suatu keharusan dalam upaya berdaya saing global. Untuk mengembangkan kompetensi SDM UMKM Kota Bandung tersebut dibutuhkan semangat dan mental yang kuat serta didukung oleh keterampilan dan keahlian yang memadai sehingga mampu meningkatkan inovasi dan kreativitas, agar dapat menjadi pemenang di tengah persaingan usaha di era pasar global, terutama dalam mengatasi masa pandemi covid-19. Namun demikian hingga saat ini sebagian pelaku UMKM di kota Bandung masih ada yang belum memiliki karakter semangat dan mental technopreneurship yang handal untuk dapat adaptip terhadap perkembangan teknologi digital dalam berbisnis. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu solusi. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan peningkatan competency SDM melalui bisnis digital dan digital marketing. Kegiatan penyuluhan tersebut merupakan kerjasama Program Magister Manajemen Universitas Widyatama dengan Kadin Kota Bandung telah dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2021. Dari hasil evaluasi, sebagian besar menyatakan kegiatan telah berlangsung dengan baik. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan kontribusi dosen Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Widyatama beserta Kadin Kota Bandung dapat mendukung program Dinas Perdagangan dan Indutsri Kota Bandung dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM UMKM Bandung agar tetap dapat bertahan dalam menghadapi daya saing di pasar global dengan memiliki karakter mental dan semangat technoreneurship yang handal.
References
Purwana, D., Rahmi, Aditya, S. (2017). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1)
Utama, I.D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Pada Era Digital di Kota Bandung, Equilibrium, Vol.7, No.1 http://www.depkop.go.id/read/kemenkop-dan-ukm-saatnya-umkm-transformasi-bisnis-darikonvensional-ke-online.
https://jakarta.tribunnews.com/2019/11/13/kementerian-koperasi-dan-ukm-minta- pelakuusaharumahan-bertransformasi-ke-digital
https://kumparan.com/dianta-hasri/tips-digital-marketing-di-saat-pandemi-covid-19-bagian-1- 1tQzPuWQ0YK/full
https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/92
http://www.marketing.co.id/menkop-puspayoga-ukm-harus-manfaatkaninternet https://money.kompas.com/read/2020/03/27/190000026/terpukul-corona-ini-5-keluhan-para-pelakuumkm
https://swa.co.id/swa/csr-corner/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital