Analisis Beban Kerja Dan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Pada PT. Securindo Packatama Indonesia (Studi Kasus Secure Parking di Setiabudhi Supermarket Bandung)

Authors

  • Andri Lesmana STIE Tridharma
  • Umi Faiqoh STIE Tridharma

DOI:

https://doi.org/10.33197/jim.vol1.iss2.2021.847

Keywords:

Beban Kerja, Kebutuhan Sumber Daya Manusia

Abstract

Adanya pandemi covid 19 saat ini PT. Securindo Packatama Indonesia melakukan pengurangan karyawan. sampai saat ini belum terciptanya jumlah tenaga kerja yang stabil dan terdapat tugas yang terbengkalai, melihat keadaan tersebut maka dibutuhkan perencanaan sumber daya manusia untuk memecahkan permasalahan kebutuhan karyawan. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Securindo Packatama Indonesia (Studi Kasus Secure Parking pada Supermarket Setiabudhi Bandung), sebagai responden, diantaranya bagian Pengawas Pelayanan Parkir (PPP), Staff Pelayanan Lapangan (SPL), dan Staff Pelayanan Pos (SPP). Hasil pembahasan dalam penelitian ini menunjukan bahwa adanya Beban kerja terhadap karyawan PT. Securindo Packatama Indonesia di Setiabudhi Supermarket Bandung. Berdasarkan perhitungan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/75/M.PAN/7/2004 mengenai kebutuhan kerja diperoleh bahwa kebutuhan jumlah karyawan sebelum melakukan perhitungan yaitu sebanyak 11 orang, kemudian setelah dilakukan perhitungan kebutuhan sumber daya manusia yaitu membutuhkan 16 orang. Yang berarti bahwa adanya beban kerja terhadap pegawai PT. Securindo Packatama Indonesia di Setiabudhi Supermarket Bandung.

References

Agus, Sunyoto. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Badan Penerbit IPWI.

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. (2004). Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor KEP/75/M.PAN/2004 tentang Pedoman Perhitungan Kebutuhan Pegawai Berdasarkan Beban Kerja dalam rangka Penyusunan Formasi Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI [internet]. [diunduh 2015 Maret 4]. Tersedia pada http//:www.menpan.go.id.

Nazir,M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Rachmawati, Ike Kusdyah. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI.

Riadi, Muchlisin. Pengertian, Jenis dan Sistem Multi Level Marketing (MLM)

S.P,Hasibuan, Malayu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Lesmana, A., & Faiqoh, U. (2021). Analisis Beban Kerja Dan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Pada PT. Securindo Packatama Indonesia (Studi Kasus Secure Parking di Setiabudhi Supermarket Bandung). Jurnal Inovasi Masyarakat, 1(2), 154–166. https://doi.org/10.33197/jim.vol1.iss2.2021.847