Penerapan Total Quality Manajemen Terhadap Kinerja Operasional Pada CV. Suho Garmindo

Authors

  • Taufik Ridwan STIE Tridharma
  • Ira Apriliani STIE Tridharma

DOI:

https://doi.org/10.33197/jim.vol1.iss2.2021.845

Keywords:

Total Quality Manajemen, Kinerja Operasional

Abstract

Total Quality manajemen merupakan elemen penting dalam perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan total quality manajemen (TQM) yang baik, sehingga kinerja operasional dapat dijalankan dengan baik. Kinerja operasional merupakan hal yang harus dicapai oleh perusahaan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja operasional diantaranya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh total quality manajemen terhadap kinerja operasional pada CV Suho Garmindo. Hasil pengujian koefisien regresi diperoleh nilai t hitung sebesar 9,976. Karena nilai thitung (4,426) lebih besar dari ttabel (2,064) maka Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Total Quality Manajemen (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Operasional (Y). Kinerja operasional dapat dijelaskan oleh variabel Total Quality Manajemen sebesar 44,9%. Sedangkan sisanya 55,1% dijelaskan oleh faktor- faktor lain yang tidak diteliti.

References

A.A. Abwar Prabu Mangekunegara (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Handoko, T. Hani. (2010). Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia. BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta

M. Iqbal Hasan. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Penerbit Ghalia Indonesia : Jakarta

Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. (2007). Metode penelitian Bidang Sosial Yogyakarta. Gadjah Mada University Press, h.67

R.Terry, George dan Leslie W.Rue. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Rivai, Veithzal. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Sutrisno Hadi. (1987). Metodologi Rerearch. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Zulian Yamit. (2013). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Ridwan, T., & Apriliani, I. (2021). Penerapan Total Quality Manajemen Terhadap Kinerja Operasional Pada CV. Suho Garmindo. Jurnal Inovasi Masyarakat, 1(2), 132–141. https://doi.org/10.33197/jim.vol1.iss2.2021.845