Penerapan Natural Language Processing (NLP) di bidang pendidikan

Authors

  • Fitrah Rumaisa Universitas Widyatama
  • Yan Puspitarani Universitas Widyatama
  • Ai Rosita Universitas Widyatama
  • Azizah Zakiah Universitas Widyatama
  • Sriyani Violina Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jim.vol1.iss3.2021.799

Keywords:

NLP, Peringkasan Teks, Paraphrasing, Tanya Jawab, Evaluasi Ejaan dan Grammar

Abstract

NLP adalah cabang dari kecerdasan buatan (AI) yang berhubungan dengan melatih komputer untuk memahami, memproses, dan menghasilkan bahasa. Salah satu implementasi NLP yang sangat penting adalah penerapannya di dunia pendidikan. NLP adalah proses yang efektif untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Menerapkan NLP dalam lingkungan pendidikan tidak hanya membantu dalam mengembangkan proses bahasa yang efektif, tetapi juga penting untuk meningkatkan prestasi akademik. Beberapa penerapan NLP di dunia pendidikan adalah Peringkasan Teks dan Paraphrasing, Tanya Jawab, Chatbot (feedback dari pendidik), Evaluasi Ejaan dan Grammar

Author Biography

Sriyani Violina, Universitas Widyatama

  •  

References

D. R. Radev, E. Hovy and K. McKeown, "Introduction to the Special Issue on Summarization," Association for Computational Linguistics, 2002.

R. Faradisa, "Perbandingan Hasil Optimasi Particle Swarm Optimazation (PSO) dan Genetic Algorithm (GA) pada Fungsi Rosenbrock (Banana Function)," IEEE, p. 6, 2014.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Rumaisa, F., Puspitarani, Y., Rosita, A., Zakiah, A., & Violina, S. (2021). Penerapan Natural Language Processing (NLP) di bidang pendidikan. Jurnal Inovasi Masyarakat, 1(3), 232–235. https://doi.org/10.33197/jim.vol1.iss3.2021.799