Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Margadadi Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.33197/jim.v4i2.2197Keywords:
kepuasan kerja, disiplin kerja, kualitas pelayananAbstract
Dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal tentu diperlukan upaya pembangunan sistem pelayanan kesehatan dasar yang mampu memenuhi kebutuhan mayarakat. Pelayanan kesehatan bermutu yang berorientasi pada kepuasan pelanggan atau pasien menjadi strategi utama bagi organisasi kesehatan di Indonesia, agar tetap eksis ditengah persaingan global yang semakin kuatTujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui faktor kepuasan dan disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Margadadi Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan verifikatif untuk menguji secara sistematis dugaan mengenai adanya hubungan antar variabel dan masalah yang sedang diselidiki. Populasi UPTD Puskesmas Margadadi, pengambilan data dilakukan secara sensus dengan mengambil semua menjadi sampel penelitian, sampel ditetapkan sebanyak empat puluh lima terdiri dari pemimpin dan pegawai. Model analisis memakai Regresi berganda. Menunjukkan bahwa disiplin kerja memiliki pengaruh lebih besar terhadap kualitas pelayanan kesehatan, kedisipinan lebih ditingkatkan lagi agar kualitas pelayanan terhadap masyarakat dan perlu dibarengi team work yang solid dari karyawan puskesmas Margadadi. Sedangkan Kepuasan kerja tidak berpengaruh, dikarenakan masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya dalam hal penggajian atau kompensasi yang diterima pegawai honorer.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.
Amir S., Robina S., Salam S. (2014). Effect of Work Motivation and Organizational Comitmment on Job Satisfaction. Global Journal Inc (USA), 14(6) Online ISSN: 2249-4588& Print ISSN:0975-5853.
Andreawan M. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kedisiplinan terhadap kepuasan kerja pegawai rsu. Latersia binjai,1(3) E-ISSN : 2830-7690
Handoko. (2010). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta : BPFE
Hidayat, A. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan, Jakarta.: Salemba Medika
Jelaskan W. (2021). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di kantor camat Somambawa kabupaten Nias selatan “,4(2), 203-212 , ISSN: 2614-381X
Juwita K. (2021). Pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karya-wan CV. Mega Lestari Plasindo. 14(2), ISSN 2527- 3906 (Online)
Martoyo, S. (2010) Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: BPFE.
Notoatmojo (2010) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Rich, B.L., Lepine, J.A., & Crawford, E.R. (2010) Job Engagement: Antecedents and Effects on Job Performance. Academy of Management Journal, 53(3), 617–635.
Ridwan (2010) Metode dan Teknis Menyususn Tesis. Bandung : Alfabeta
Rizki N. Z. (2017) Pengaruh kepuasan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan bank di kota batam, 1(2), 150-156 ISSN: 2548-9917 (online version)
Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2011) Organizational Behavior. Fourtheenth Edition. New Jearsy: Pearson.
Siagian, S.P. (2014) Manajemen Sumber Daya Manusia; Jakarta, Bumi Aksara
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta
Sunyoto (2011) Riset Bisnis dengan Analisis Jalur SPSS, Jogjakarta : Gava Media
Singgih, S. (2000). BukuLatihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Usman H. (2009) Manajemen : Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia ; Teori, Psikologi, Hukum KetenagaKerjaan. Jakarta : Rajawali Pers
Wijaya, T. (2012). Praktis dan Simpel Menguasi SPSS 20 untuk Olah dan Interpretasi Data. Yogyakarta: Cahaya Atma Pusaka