Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Kinerja Karyawan Akper Saifuddin Zuhri Indramayu Tahun 2022

Authors

  • Ani Kuspini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aksari

DOI:

https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss3.2022.1092

Keywords:

Gaya kepemimpinan, motivasi, kinerja karyawan

Abstract

Institusi yang mampu bersaing dalam pasar adalah institusi yang mampu menyediakan gaya kepemimpinan yang berkualitas dan efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Organisasi akan stabil dan kondusif  bila adanya kerjasama dan hubungan yang baik antara pemimpin dengan bawahannya dan peningkatan kinerja yang baik serta membawa kemajuan bagi organisasi untuk dapat bertahan dalam suatu persaingan lingkungan bisnis yang tidak stabil. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan merupakan tantangan bagi pemimpin dalam memilih gaya kepemimpinan yang diterapkan pada organisasi. Sebagai objek penelitian adalah Akademi Keperawatan  Saifuddin Zuhri Indramayu dengan metode total sampling , tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan .  Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan survei. Data yang digunakan adalah informasi primer dan sekunder,  soal kuesioner  disediakan pilihan jawaban dengan aturan berdasarkan skala Likert 5 poin . Tahapan pengujian data yaitu validasi data dan uji reliabilitas serta uji hipotesis. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas Gaya Kepemimpinan dan Motivasi, variabel dependen adalah Kinerja. Analisis data menggunakan metode partial least squares (PLS) dalam model persamaan struktural (SEM).  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa uji validitas dan uji reliabilitas semua kuesioner memenuhi persyaratan. Dari uji parsial variabel gaya kepemimpinan  berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan sementara motivasi kerja secara parsial  berpengaruh positif dan  signifikan terhadap kinerja karyawan dan berdasarkan persamaan regresi menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh lebih besar terhadap kinerja karyawan . Secara simultan uji kedua variabel berpengaruh postif dan signifikan  terhadap kinerja karyawan, dan uji koefisien determinasi kedua variabel gaya kepemimpinan dan motivasi, dapat menjelaskan variabel kinerja karyawan.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.

Baron, A. R., Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial. Penerbit Erlangga. Jakarta. Edisi kesepuluh.

Binawan N. T. (2006). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Muhamadiyah Surakarta tahun 2006

Hasibuan, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Istijanto. (2006). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartono K. (2008). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kamal F. Abdilah Z. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus : PT Pandu Siwi Sentosa Jakarta), OPTIMAL : Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(2)

Kurniawan (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Percetakan DIMAS Kota Palembang, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun XV(1)

Kuspini A. (2013). Iklim Organisasi dan Keterampilan Manajerial Pengaruhnya terhadap Kinerja Sekolah Kejuruan (SMK) Se- Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran Bandung

Khairizah A., Irwan N., Agung S. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang), Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(7) 1268-1272

Lunenburg, C. F. (2011). Leadership versus Management: A Key Distinction—At Least in Theory. INTERNATIONAL JOURNAL OF MANAGEMENT, BUSINESS, AND ADMINISTRATION, 14(1)

Marta S. T. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada RESTAURANT O’FLAHERTYS Medan, Jurnal Mutiara Manajemen, 4(2)

Mariam R. (2009). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan kerja pada kantor pusat PT Asuransi Jasa Indonesia, Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Mangkunegara A. P. (2008). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung:Refika Aditama.

Olusola F. J. (2010). “The Influence of Leadership Style on the Performance of Subordinates in Nigerian Libraries.” Library Philosophy and Practice. University of Nebraska – Lincoln.

Purnomo, F.X. Setio E. Wijayanti R. (2013). Analisis Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Instruktif, Konsultatif, Partisipatif dan Delegatif terhadap Kinerja Karyawan. Semarang: Universitas Semarang.

Setyowati R., Linda L., Farlane R. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja , Dan Kedisiplinan Terhadap Produktifitas Karyawan di PT. AMRI MARGATAMA CAPITAL, Jurnal EMBA, 5(3)

Supardo S. (2006). Kepemimpinan, Dasar-dasar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi offset.

Sulastri L.(2014). Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori dan Praktik, La Good Publishing

Sutrisno E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta

Sunyoto (2011). Riset Bisnis dengan Analisis Jalur SPSS, Jogjakarta : Gava Media

Rivai, Z., Veithzal (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taylor, E. S., Peplau, A. L., Sears, O. D. (2009). Psikologi Sosial. Prenada Media Group. Jakarta.

Thoha M. (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirawan (2009). Evaluasi kinerja sumber daya manusia : teori, aplikasi, dan penelitian. Jakarta, Salemba Empat.

Wirawan (2015). Manajemen Sumber Daya Indonesia, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Yukl (2010). Kepemimpinan Dalam Organisasi, Jakarta : Indeks PT.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Kuspini, A. (2022). Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Kinerja Karyawan Akper Saifuddin Zuhri Indramayu Tahun 2022. Jurnal Inovasi Masyarakat, 2(3), 181–189. https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss3.2022.1092