Kajian Multiplicative Decomposition Seasonal/ Menentukan Indeks Musiman Untuk Laporan Penerimaan Barang Bahan Kemas di PT Rohto Laboratories Indonesia

Authors

  • Irpan Maulana Universitas Widyatama
  • Dimas Aldi Ramadani Universitas Widyatama
  • Reynaldi Nugraha Universitas Widyatama
  • Asep Anwar Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss3.2022.1091

Keywords:

Forecasting, Inventory, Time Series, Multiplicative Decomposition

Abstract

PT Rohto Laboratories Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi kosmetik mempunyai gudang bahan kemas yang berlokasi di Jalan Raya Batujajar KM 1,5 RT 5/ RW 5 Desa Laksana Mekar Kec. Padalarang, Bandung Barat. Aktivitas pekerjaan di Gudang PT Rohto Laboratories Indonesia ini memiliki sistem penerimaan barang bahan kemas. Saat ini, metode yang digunakan masih konvensional dan mengarah ke beberapa masalah optimasi seperti stok mati, kurangnya stok, keterlambatan pengiriman, dll. Penelitian ini mengusulkan Dekomposisi Multiplikasi (Musiman) untuk memperkirakan inventaris produk LE (Penerimaan Barang) di PT Rohto Laboratories Indonesia. Hasil simulasi menunjukkan bahwa metode yang diimplementasikan berhasil memberikan peramalan yang memadai yang ditunjukkan oleh 6.11 % dari MAPE (Mean Absolute Perscentage Error), 21,96 dari MAD (Mean Absolute Deviation) dan 843,63 MSE (Mean Square Error). Metode Multiplicative Decomposition (Seasonal) secara efektif meningkatkan sistem penerimaan di PT Rohto Laboratories Indonesia dan mengurangi potensi stok mati secara efektif.

References

Gunaryati A., Suhendra A. (2015). Perbandingan Antara Metode Statistika dan Metode Neural Network Pada Model Peramalan Indeks Harga Perdagangan Besar. Jurnal Iliah Teknologi dan Rekayasa, 20(1), 23–35.

Sarjono, H., & Abbas, B. S. (2017). Forecasting Aplikasi Penelitian Bisnis QM For Windows Vs Minitab Vs Manual. (D. S. Hamali, Ed.) (Pertama). Jakarta: Mitra Wancana Media.

Utama C. A., Watequlis. Y. (2016). Pengembangan SI Stok Barang Dengan Peramalan Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing (Studi Kasus: PT. Tomah Jaya Elektrikal). Jurnal Informatika Polinema, 148.

Andini T.D., Auristandi P. (2016). Peramalan Jumlah Stok Alat Tulis Kantor Di UD Achmad Jaya Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing. Jurnal Ilmiah Teknolgi dan Informasia ASIA, 10(1), 1–10.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Maulana, I., Ramadani, D. A., Nugraha, R., & Anwar, A. (2022). Kajian Multiplicative Decomposition Seasonal/ Menentukan Indeks Musiman Untuk Laporan Penerimaan Barang Bahan Kemas di PT Rohto Laboratories Indonesia. Jurnal Inovasi Masyarakat, 2(3), 190–197. https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss3.2022.1091