PERANCANGAN APLIKASI GAME MOBILE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI SOSIAL PENDERITA AUTIS

Authors

  • Bambang Ari Wahyudi Universitas Telkom
  • M Nurkamal F Politeknik POS Indonesia
  • Wanda Darmawan Politeknik POS Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss3.2015.58

Keywords:

Autis, Game, mobile, Android, Wilcoxon

Abstract

[INA]

Autisme  merupakan  fenomena  yang  masih menyimpan  banyak  rahasia.  Gangguan  autistik didefinisikan  sebagai  gangguan  perkembangan dengan tiga ciri utama, yaitu gangguan pada interaksi
sosial,  gangguan pada  komunikasi,  dan  keterbatasan
minat serta kemampuan imajinasi.
Pada  penelitian  ini  bertujuan  membangun teknologi informasi untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi sosial penderita autis dan target khusus meliputi  pemetaan  kebutuhan  penderita  autis  dari
segi  usia,  emosional  sehingga  dapat  dibangun aplikasi  game  mobile  dan  kemudahan  bagi  pendidik maupun  orang  tua  untuk  memonitor  perkembangan anak  penderita  autis  dengan  bantuan  aplikasi  yang
dibangun.
Berdasarkan  metode  Wilcoxon  diperoleh  nilai asymp sig = 0.022 < ? =0.05 yang berarti bahwa ada perbedaan  terhadap  responsibilitas,  kemampuan komunikasi  dan  interaksi  sosial  anak  autis  sebelum
dan  sesudah  menggunakan  aplikasi  ini  dan kecenderungan  positif  dalam  arti  aplikasi  ini  dapat diterima.

 

[EN]

Autism  is  a  phenomenon  that  still  holds  many secrets.  Autistic  disorder  is  defined  as  a developmental  disorder  with  three  main
characteristics,  namely  disturbances  in  social interaction, impaired  communication,  and limited  the interest  and  ability  of  imagination.
In  this  research  aims  to  develop  information technology  to  improve  communication  and  social interaction  with  autism  and  specific  targets  include mapping  the needs of  people with autism  in terms of
age, emotional  so it can  be built  gaming applications mobile and easy for educators and parents to monitor the development of children with autism  with the help of the application built.
Based  on  the  obtained  value  Wilcoxon  method asymp  sig  =  0.022  <? =  0.05 which  means that  there are differences  on the  responsibility,  communication skills  and  social  interaction  of  children  with  autism
before and after using this app and a positive trend in the sense of this application can be accepted.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-09-29

How to Cite

[1]
B. A. Wahyudi, M. N. F, and W. Darmawan, “PERANCANGAN APLIKASI GAME MOBILE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI SOSIAL PENDERITA AUTIS”, jitter, vol. 1, no. 3, Sep. 2015.

Issue

Section

Articles