CUSTOMER PROFILING PADA SUPERMARKET MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MEMILIH PRODUK BERDASARKAN SELERA KONSUMEN DENGAN DAYA BELI MAKSIMUM

Authors

  • Feri Sulianta Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss1.2014.45

Abstract

Sebuah  supermarket  dengan  sistem  informasi  berbasiskan komputer  memiliki  data  transaksi  dan  data  master  yang  dikelola dengan baik. Manajemen ingin membuat strategi bisnis berdasarkan  penambangan  historis  data  transaksi  yang dimilikinya.  Salah  satunya  dengan  mencari  tahu  segmentasi pola  perilaku  pelanggan  atau  customer  profiling yang
memiliki daya beli tinggi terhadap barang-barang tertentu. Untuk  itu  akan  dilakukan  pencarian  informasi  berharga terhadap  analisa  data  mining  dengan  aturan  klasterisasi menggunakan  algoritma  K-Means  dalam  mengelompokan pola belanja konsumen terhadap barang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-12-01

How to Cite

[1]
F. Sulianta, “CUSTOMER PROFILING PADA SUPERMARKET MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MEMILIH PRODUK BERDASARKAN SELERA KONSUMEN DENGAN DAYA BELI MAKSIMUM”, jitter, vol. 1, no. 1, Dec. 2014.

Issue

Section

Articles