PENGUKURAN KINERJA SISTEM INFORMASI DI PT. RANCEK SUKSES BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5.0 (STUDI KASUS SIOS-SISTEM INFORMASI KIOS)

  • Christina Juliane Sekolah Teknik Manajemen Informatika dan Komputer ”AMIKBANDUNG”
  • Rakhmayudhi Rakhmayudhi Universitas Subang
  • Nuraeni Nuraeni Sekolah Teknik Manajemen Informatika dan Komputer ”AMIKBANDUNG”

Abstract

Sistem  Informasi Kios (SIOS) adalah Sistem Informasi yang digunakan oleh PT. Rancek Sukses Bandung untuk mengelola proses  penjualan  dan  penyewaan  kios  di  Rancaekek  Trade Center  (RTC).  Sistem  ini  memiliki  beberapa  permasalahan, diantaranya adalah permasalahan akurasi nilai yang dihasilkan oleh  sistem  dan  nilai  efektifitas  serta  efisiensi  proses  yang masih  kurang  sebagai  akibat  dari  sistem  yang  tidak terintegrasi. Pengukuran kinerja sistem perlu untuk dilakukan
sebagai  proses  perbaikan  terhadap  sistem  yang  akan  datang.
Pengukuran  kinerja  dilakukan  dengan  menggunakan framework  COBIT  5.0  dengan  pertimbangan  bahwa framework  ini  memiliki  kelebihan  dibanding  dengan  versi sebelumnya. Domain penelitian dibatasi hanya untuk domain APO  (align,  plan,  &  organize)   Hasil  dari  pengukuran  ini adalah berupa rekomendasi yang dapat diterapkan pada sistem baru sebagai perbaiakan sistem yang ada sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-01
Section
Articles