PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Amalia Beladinna Arifa Universitas Negeri Malang
  • Slamet Wibawanto Universitas Negeri Malang
  • I Made Wirawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol4.iss3.2018.173

Keywords:

Project Based Learning, metacognitive, scores, WEB programming.

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menekankan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa, yang secara kolaboratif dan di bawah pengarahan seorang guru dapat merancang kegiatan, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan kegiatan serta evaluasi tindak lanjut dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu produk nyata. Keterlaksanaan model pembelajaran ini selaras dengan tahapan-tahapan dalam strategi metakognitif. Sehingga melalui pelaksanaan strategi metakognitif yang menyatu pada model pembelajaran berbasis proyek, siswa diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan kerjasama, dan kemampuan metakognitif. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena-fenomena yang sesungguhnya terjadi di lokasi penelitian. Jenis penelitian yang diterapkan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) atau yang disebut Classroom Action Research. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 5 Malang yang berjumlah 36 orang. Metakognitif siswa diukur dari inventori metakognitif, hasil belajar siswa diukur dari nilai proyek dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning memiliki rata-rata metakognitif 68,10 pada siklus I dan rata-rata metakognitif 71,10 pada siklus II. Serta memiliki rata-rata hasil belajar 79,59 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 72,22% pada siklus I dan rata-rata hasil belajar 84,45 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 94,44% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 5 Malang dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-15

How to Cite

[1]
A. B. Arifa, S. Wibawanto, and I. M. Wirawan, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR”, jitter, vol. 4, no. 3, Aug. 2018.

Issue

Section

Articles