IMPLEMENTASI ALGORITMA A* DALAM PENJADWALAN MATAKULIAH (STUDI KASUS PENJADWALAN SEMESTER GANJIL 2017-2018 INFORMATIKA ITENAS)

Authors

  • Youllia Indrawaty Nurhasanah Institut Teknologi Nasional
  • Sofia Umaroh Institut Teknologi Nasional
  • Asep Chaesar Trianto Institut Teknologi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol4.iss3.2018.171

Keywords:

A*, Scheduling, College Subject

Abstract

Penjadwalan matakuliah merupakan proses atau kegiatan rutin yang dilakukan setiap pergantian semester atau tahun ajaran. Penjadwalan matakuliah secara manual atau tradisional merupakan suatu kegiatan yang memakan waktu lama dan memerlukan ketelitian yang tinggi, karena kesalahan kecil dapat mengakibatkan ketidaksesuain jadwal matakuliah atau dapat diartikan sebagai bentrok antar kelas matakuliah. Dalam melakukan penjadwalan matakuliah, dibutuhkan sebuah kemampuan untuk mencari slot waktu terbaik untuk sebuah kelas matakuliah. Kemampuan tersebut diisi oleh algoritma A*. Algoritma A* sendiri merupakan algoritma komputasi yang digunakan dalam pencarian dan perencanaan jalur yang bisa dilewati secara efisien disekitar titik-titik yang disebut node, dengan menggunakan nilai heuristic antar koordinat dan nilai sebenarnya dari node awal ke node tujuan. Berawal dari teori tersebut, algoritma A* diadopsi menjadi algoritma pencari nilai slot waktu dalam penjadwalan matakuliah. Algoritma A* diterapkan untuk mencari nilai kualitas slot waktu dengan cara menjumlahkan nilai jarak antar node dengan nilai beberapa faktor seperti, kelas, dosen dan tingkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem perangkat lunak yang mampu menghasilkan jadwal matakuliah yang tidak memiliki bentrok antar kelas matakuliah. Penelitian ini berhasil mendapatkan sebuah jadwal matakuliah tanpa bentrok antar kelas matakuliah pada jadwal matakuliah semester ganjil tahun ajaran 2017 - 2018 di jurusan informatika Institut Teknologi Nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-15

How to Cite

[1]
Y. I. Nurhasanah, S. Umaroh, and A. C. Trianto, “IMPLEMENTASI ALGORITMA A* DALAM PENJADWALAN MATAKULIAH (STUDI KASUS PENJADWALAN SEMESTER GANJIL 2017-2018 INFORMATIKA ITENAS)”, jitter, vol. 4, no. 3, Aug. 2018.

Issue

Section

Articles