IMPLEMENTASI BOYER-MOORE PADA APLIKASI PENCARIAN RUMUS MATEMATIKA DAN FISIKA

Authors

  • Halim Agung Universitas Bunda Mulia
  • Yogyawan Yogyawan Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol3.iss1.2016.124

Keywords:

String Matching, Boyer-Moore, Formula, Math, Physics

Abstract

[Id]

Sulitnya mencari dan menghafalkan rumus matematika dan fisika menjadi kendala bagi sebagian pelajar SMA terutama dalam menjawab soal yang ada. Dibutuhkan ketelitian untuk menentukan apa saja yang tercantum dalam soal tersebut. Penelitian ini meneliti bagaimana cara melakukan pendeteksian kata kunci yang terdapat pada soal matematika dan fisika sekaligus dicocokkan dengan menggunakan metode pencocokan kata. Algoritma yang digunakan untuk melakukan pencocokan kata adalah algoritma Boyer-Moore. Setiap data kata kunci yang ada di basis data akan diambil berdasarkan fisika atau matematika, kemudian dipecah per kata. Setelah data kata kunci sudah dipecah menjadi per kata, tiap kata kunci akan melakukan pencocokkan ke soal yang dimasukkan pengguna dengan metode pencocokkan kata. Setelah dicocokkan dan hasil pencocokkan berhasil, aplikasi akan menampilkan daftar rumus yang memiliki kata kunci cocok dengan yang ada di soal. Pengujian metode pencocokan kata dengan algoritma Boyer-Moore pada soal matematika dan fisika yang sebanyak 30 kali membuktikan bawah aplikasi dapat menampilkan daftar rumus yang sesuai dalam melakukan pencocokkan pola kata kunci di soal baik matematika maupun fisika tingkat SMA.

Kata kunci :

Pencocokan Kata Kunci, Boyer-Moore, Rumus, Matematika, Fisika

[en]

Difficult to find and memorize math and physics becomes an obstacle for the majority of high school students, especially in answering the questions that exist. It takes precision to determine what is stated in the question. This study investigated how to make the detection of keywords contained in the math and physics as well matched using string matching method. The algorithm used to perform string matching algorithm is the Boyer-Moore. Each keyword data in the database will be taken based on the physics or mathematics, then broken down per word. Once the data has been broken down into key words per word, every keyword will perform matching to the matter that the user entered with a string matching method. Once matched and the matching result is successful, the application will display a list of formulas that have keywords match the one in question. Testing method of string matching algorithms Boyer-Moore in math and physics as much as 30 times to prove under the application can display a list of the appropriate formula in performing the pattern matching keywords in a matter of both mathematics and physics high school level.

Keywords : String Matching, Boyer-Moore, Formula, Math, Physics.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-15

How to Cite

[1]
H. Agung and Y. Yogyawan, “IMPLEMENTASI BOYER-MOORE PADA APLIKASI PENCARIAN RUMUS MATEMATIKA DAN FISIKA”, jitter, vol. 3, no. 1, Dec. 2016.

Issue

Section

Articles