ANALISIS PROSES PEMBERIAN KREDIT UNTUK MENGURANGI RESIKO KREDIT MACET DI PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK BANDUNG.

Authors

  • Evi Octavia Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.33197/jabe.vol6.iss2.2020.622

Keywords:

Analisis, Bank, Kredit, Macet, Risiko

Abstract

Krisis yang terjadi di Indonesia telah berakibat sangat besar terhadap berbagai sendi kehidupan yang ada. Bermula dari krisis moneter, kemudian meluas ke krisis ekonomi, politik, sosial, dan akhirnya berujung pada krisis kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Krisis terburuk ini telah membawa perekonomian Indonesia ke dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Perusahaan-perusahaan terancam bangkrut karena tekanan biaya sehingga tidak mampu membayar hutang. jumlah kredit macet pada Bank Artha Graha Internasional Tbk khusus sebandung raya yang tertinggi di tahun 2018 sebesar Rp.10.632.730.000 dan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun selama 3 tahun terakhir. Dari hasil temuan ada beberapa Account Officer yang tidak melakukan prosedur pemberian kredit dengan benar, diantaranya : tidak melakukan survey ke lapangan, membuat laporan kunjungan menggunakan foto yang dikirim oleh calon debitur saja dan data - data yang diberikan oleh calon debitur tidak diverifikasi oleh Account Officer. Kredit macet terbesar disumbang oleh kredit yang tidak memiliki agunan seperti : KTA (Kredit Tanpa Agunan) dan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-11

How to Cite

Octavia, E. (2021). ANALISIS PROSES PEMBERIAN KREDIT UNTUK MENGURANGI RESIKO KREDIT MACET DI PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK BANDUNG. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi (JABE), 6(2), 1719–1738. https://doi.org/10.33197/jabe.vol6.iss2.2020.622